Ibu Hamil yang Makan Ikan Bikin Anaknya Jadi Cerdas, Cek Faktanya
Ilustrasi seafood (Dana Tentis/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG - Anda pasti pernah mendengar kalau ikan memiliki kontribusi besar bagi kecerdasan otak, kan? Faktanya memang benar. Dikutip dari Healthline, Kamis, 6 Mei sebuah penelitian yang dilakukan di Spanyol menunjukkan bahwa saat ibu hamil mengonsumsi tiga porsi besar ikan setiap minggu selama kehamilan akan membawa manfaat bagi otak anak-anak dalam jangka panjang. 

Penelitian tersebut menemukan bahwa anak-anak yang ibunya mengonsumsi ikan lebih banyak saat kehamilan memiliki peningkatan fungsi otak lebih baik. Hal ini berbeda dengan anak-anak yang ibunya lebih sedikit mengonsumsi ikan selama kehamilan.

Batasan Mengonsumsi Makanan Laut

Apalagi jika sang ibu mengonsumsi makanan laut yang mengandung nutrisi penting untuk perkembangan otak, seperti ikan salmon. Namun, tetap saja ibu harus waspada dengan kandungan merkuri yang mungkin saja terdapat dalam santapan seafood.09 Mar 2021 21:59

Agar tetap aman, ibu hamil diberikan batasan mengonsumsi seafood tidak lebih dari 12 ons setiap minggu. Ikan yang dikonsumsi pun bagusnya yang mengandung lemak tinggi (seperti ikan todak, tuna dan albacore), ikan lemak rendah(seperti makarel, sarden, ikan teri dan salmon), dan ikan tanpa lemak (seperti kerang dan makanan laut lainnya).

Konsumsi Ikan Mendukung Fungsi Otak Anak

Keterkaitan antara konsumsi ikan yang tinggi oleh ibu hamil dengan perkembangan otak anak-anak ditunjukkan dengan jelas saat anak-anak mereka mencapai usia lima tahun. Para peneliti juga melihat adanya penurunan dalam sifat autisme spektrum terkait dengan peningkatan konsumsi ikan pada ibu hamil.

Penting untuk diketahui, konsumsi ikan tanpa lemak dan ikan tinggi lemak menjadi makanan yang paling kuat dalam mendukung fungsi otak anak-anak. Selain itu, mengonsumsi ikan selama trisemester pertama akan lebih baik dibandingkan dengan masa akhir kehamilan.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI. Artikel ini telah tayang sebelumnya di VOI.