Supaya Kulit Terjaga Kelembapannya, Kapan Memakai <i>Lotion</i> yang Benar?
Ilustrasi memakai lotion (Pexels/Moose Photos)

Bagikan:

JAKARTA – Memakai lotion bermanfaat melembabkan serta memberi nutrisi kulit dari permukaan. Disamping mengenakan lotion, untuk mempercantik kulit Anda bisa mengonsumsi makanan serta minuman yang mengandung vitamin E, C, dan A.

Lotion ada beberapa varian, antara lain body lotion, body cream, body butter, body milk, hand cream, dan foot cream. Keenam macam lotion tersebut memiliki fungsi yang rata-rata sama, yaitu melembabkan kulit. Perbedaannya pada tekstur dan bahan pembuatnya.

Body butter memiliki tekstur seperti mentega atau butter. Lebih padat sehingga tidak perlu mengenakan banyak-banyak, cukup mentransfer lotion kemudian akan terasa lebih lembab. Sedangkan body milk, teksturnya paling cair dibanding macam-macam lotion lainnya.

Untuk body cream, hand cream, dan foot cream teksturnya tidak sepadat body butter tetapi tidak secair body lotion.

Lantas, kapan memakai lotion yang benar? Terdapat 4 cara dan kondisi kulit yang perlu diperhatikan sebelum memakai lotion.

Kulit dalam kondisi bersih

Body lotion pada umumnya diformulasikan untuk segala jenis kulit. Tidak hanya dipakai oleh kulit kering agar lebih lembab, bagi yang memiliki kulit berminyak pun dapat mengenakan lotion. Hanya saja, yang penting untuk diperhatikan sebelum memakainya ialah memastikan kulit dalam kondisi bersih.

Gunakan menyeluruh

Bagian kulit yang paling sering terpapar sinar UV akan lebih kering dibanding yang tidak. Agar tetap terjaga kelembapannya, kenakan lotion secara menyeluruh pada bagian kulit yang terpapar matahari seperti bagian tangan dan kaki.

Kenakan minimal sehari sekali

Memakai lotion secara rutin akan menjaga kulit dari kondisi kering dan bersisik. Mengenakan lotion yang benar setidaknya sehari sekali. Waktunya, Anda dapat memakainya seusai mandi atau sebelum memulai beraktivitas. Apabila ketika beraktivitas kulit terasa kering, cucilah tangan dan kaki baru mengenakan lotion.

Kenali karakter kulit

Disamping memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, yang perlu diperhatikan adalah karakter kulit. Beberapa kulit tidak cocok dengan kandungan tertentu pada lotion, ada juga yang mengalami alergi. Agar tidak menimbulkan masalah, kenali karakter kulit Anda dan pilih produk lotion yang cocok.

Rekomendasi terakhir, hindari mengabaikan kulit tanpa merawatnya dan kurangi kebiasaan yang dapat membuat kondisi kulit kering.