Bisa Menyehatkan Jantung, Ini 5 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan
Ilustrasi kacang hijau (Freepik/topntp26)

Bagikan:

JAKARTA - Kacang hijau sering diolah menjadi beragam varian makanan, mulai jajanan pasar hingga bubur manis untuk berbuka puasa. Tanpa disangka-sangka, kacang hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Kandungan nutrisi dalam kacang hijau pun beragam. Mulai dari vitamin A, vitamin K, vitamin C, vitamin B6, protein, karbohidrat, riboflafin, dan sodium. Lantas apa manfaatnya pada setiap kandungan kacang hijau untuk tubuh Anda? Berikut daftar manfaatnya.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Memiliki daya tahan tubuh yang baik mampu menangkal penyakit disebabkan bakteri dan virus. Untuk menikmati manfaat tersebut, Anda dapat membuat menu bubur kacang hijau atau air rebusan kacang hijau.

Agar membuat lebih berstamina, menu berbahan kacang hijau bisa dikombinasikan dengan bahan makanan lainnya, misalnya pisang.

Menguatkan otot dan organ

Protein punya manfaat untuk menguatkan otot dan organ. Nah, karena kacang hijau mempunyai kandungan protein tinggi. Bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan ikan, telur dan daging.

Memaksimalkan fungsi hati

Kandungan nutrisi pada kacang hijau bermanfaat untuk memerangi racun yang menyerang tubuh. Selain itu, kacang hijau juga mampu mendetoksifikasi tubuh. Cara kerja dari kacang hijau tersebut bisa memaksimalkan fungsi hati sehingga tidak mudah sakit dan tetap fit.

Menyehatkan jantung

Kesehatan pembuluh vena dan arteri pada jantung berperan sangat penting dalam kehidupan yang sehat. Untuk menguatkan jantung, Anda bisa menambahkan kacang hijau sebagai menu keluarga sebab kacang hijau dapat dikonsumsi oleh siapapun dalam berbagai usia.

Menjaga sistem pencernaan bekerja optimal

Sistem pencernaan selalu bekerja menyesuaikan makanan apa saja yang dikonsumsi. Untuk menjaga sistem pencernaan bekerja imbang dan tidak mengalami masalah, maka Anda perlu memilih makan makanan sehat. Termasuk mengonsumsi kacang hijau yang bermanfaat menjaga sistem pencernaan.  

Kacang hijau juga bisa dikonsumsi oleh bayi berusia di atas 6 bulan. Bisa diolah menjadi berbagai macam menu, sesuai kebutuhan. Untuk bayi paling aman adalah dibuat bubur.

Mengolah kacang hijau, perlu direndam dahulu selama beberapa jam agar empuk. Lamanya merendam setidaknya selama tiga jam. Setelah kacang hijau direndam, tiriskan dan rebus hingga empuk.

Makanan apa yang berbahan kacang hijau dan paling Anda sukai?