Apa Akibat Kekurangan Vitamin B Kompleks? Kenali 6 Gejalanya
Ilustrasi vitamin b (Freepik/xb100)

Bagikan:

JAKARTA – Tubuh memerlukan vitamin untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan. Apakah Anda mengenali apa saja vitamin B kompleks? Vitamin B kompleks meliputi tiamin (B1), riboflavin (B2), niacin (B3), asam pantotenat (B5), pyridoxine (B6), biotin (B7), folat (B9), dan cobalamin (B12).

Pada umumnya, gejala berikut yang dialami ketika kekurangan vitamin B kompleks:

Suasana hati buruk

Vitamin B kompleks bermanfaat meningkatkan suasana hati. Apabila tanpa alasan Anda merasakan bad mood dan semangat menurun, bisa jadi disebabkan kekurangan asupan vitamin B kompleks.

Dilansir dari Healthline, Selasa, 6 April, vitamin B kompleks seringkali jadi suplemen bagi seseorang yang mengalami kelelahan emosional.

Mengalami kecemasan dan merasa tertekan

Vitamin B tidak hanya memengaruhi fisik tetapi juga keseimbangan mental seseorang. Disatu segi, fisik dan mental menyatu membentuk kesehatan tubuh. Pada segi lain, vitamin B kompleks juga bersifat antidepresan.

Apabila tubuh kekurangan vitamin ini, maka dapat mengalami gejala kecemasan dan merasa tertekan tanpa alasan. Khususnya apabila mengalami kekurangan vitamin B12, B6, dan folat.

Sulit fokus

Vitamin B kompleks juga bermanfaat menjaga kesehatan otak. Dilansir dari Kompas, Selasa, 6 April, mencukupi kebutuhan vitamin B setiap harinya penting untuk membuat fungsi fisiologis dan neurologis lebih optimal.

Sederet penelitian juga telah membuktikan bahwa kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan penyakit parkinson.

Sariawan dan luka sulit sembuh

Kekurangan vitamin B dapat mengalami sariawan dan luka akan sulit sembuh. Menalsir Medical News Today, sejumlah penelitian membuktikan bahwa vitamin B12 mampu membantu proses penyembuhan luka.

Nyeri haid tak tertahankan

Dalam siklus menstruasi dikenal dengan fase pra-menstruasi. Pada fase tersebut perut terasa sakit dan sindrom lain seperti nyeri punggung, kaki pegal, dan tubuh tak berenergi. Apabila rasa sakit tak terkendali ketika menstruasi, bisa jadi gejala Anda kekurangan vitamin B6 dan kalsium.

apa akibat kekurangan vitamin b kompleks
Ilustrasi pms (Freepik/gpointstudio)

Sering migrain

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa vitamin B dapat bermanfaat mencegah migrain. Nah, apabila Anda sering migrain dapat diartikan kekurangan vitamin B kompleks. Apabila mengalami gejala ini, perhatikan pola hidup dan ubah kebiasaan buruk yang menurunkan kesehatan.

Mencukupi vitamin B kompleks tidak hanya dapat dipenuhi dengan mengonsumsi suplemen. Tetapi Anda juga dapat mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin baik ini. Makanan yang mengandung vitamin B antara lain pisang, apel, daging merah, ikan, telur, bayam, dan kale.