Ragam Minyak Esensial untuk Membasmi Jerawat
Ilustrasi (Mikhail Nilov/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Jerawat jadi salah satu masalah kulit yang dialami banyak orang, dari masa puber sampai dewasa. Karena bikin perih dan risih, orang berjerawat pun sibuk mencari cara untuk membasminya. Apapun dilakukan yang asalkan kulit mulus tanpa noda. 

Perawatannya bisa macam-macam, dari krim dokter, suntik jerawat, laser, facial, sampai mencoba puluhan produk skincare dengan iming-iming mengatasi jerawat. Sayangnya, hasilnya selalu tidak sesuai harapan. Ada yang bikin meradang, bekasnya susah hilang, perih, merah-merah, kulit mengelupas, atau bikin kulit jadi kering dan sensitif.  

Kalau Anda sudah lelah mencoba skincare yang dijual di pasaran, dari drugstore sampai high end, coba beralih ke minyak esensial. Tapi pastikan produknya yang betul-betul alami dan berkualitas tinggi. Biasanya, harga minyak esensial yang bagus lumayan menguras kantong tapi pastinya berbanding lurus dengan kualitasnya. Berikut empat pilihan minyak esensial yang bagus buat masalah jerawat.

Tea tree 

Minyak esensial dari pohon teh ini memang terkenal bisa mengatasi jerawat. Di dalamnya ada kandungan antibakteri dan antijamur yang berfungsi membunuh bakteri penyebab jerawat. 

Tea tree juga punya sifat antiinflamasi dan cocok untuk meredakan jerawat yang radang serta membengkak. Cara pakainya bisa dicampur carrier oil dan dioles langsung ke jerawat. Bisa juga ditambahkan ke sabun cuci muka. 

Frankincense

Kalau frankincense oil ini paling bagus untuk menghilangkan noda bekas jerawat. Pasti cukup menjengkelkan bukan kalau jerawat sudah hilang, tapi bekasnya yang merah atau hitam masih tersisa? Nah, minyak esensial ini pas untuk kamu pakai. Tidak bikin kering, bisa melembabkan kulit, menenangkan kulit iritasi, frankincense oil wajib Anda miliki.

Clary sage

Minyak esensial clary sage dipercaya bisa menghambat pertumbuhan dan penyebaran bakteri menyeimbangkan hormon,  mengurangi inflamasi dan iritasi kulit, serta pastinya mengatasi jerawat. 

Clary Sage juga bagus untuk mengontrol produksi minyak di kulit dan mencegah munculnya jerawat. Anda bisa langsung pakai minyak esensial ini ke jerawat. Bisa juga diteteskan ke diffuser untuk mengurangi stres yang bikin jerawatan. 

Lavender 

Tidak hanya menenangkan dan mengurangi kecemasan, minyak lavender juga bisa membantu mengatasi jerawat. Pasalnya lavender punya sifat antibakteri yang ampuh membasmi jerawat. Kalau Anda termasuk yang sering berjerawat saat stres, lavender juga bisa mengurangi kegelisahan dan ketegangan.