Benarkah Jalan Kaki 12 Ribu Langkah per Hari Dapat Menurunkan Berat Badan?
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Ingin tubuh lebih sehat dan ramping? Pastinya Anda mesti jaga pola makan dan rajin olahraga. Bagian kedua itu memang kadang bikin orang malas. Memang banyak orang sudah paham bahwa olahraga itu baik untuk kesehatan. Tapi, untuk benar-benar melakukannya secara rutin kadang masih susah. 

Ada yang merasa sibuk dan tidak sempat olahraga, ada juga yang kurang menikmati kegiatan saat olahraga. Ingin olahraga yang berkelompok, tapi susah cari waktu bareng teman. Mau pergi ke gym sendirian kadang malu sama orang-orang karena masih awam. Mau ikut kelas-kelas olahraga kekinian? Bayarnya mahal!

Banyak kan alasan orang untuk tidak berolahraga? Padahal Anda juga bisa berolahraga dengan jalan kaki. Ya, hanya jalan kaki! Telah lama jalan kaki dijadikan pilihan banyak orang untuk membakar lemak, menurunkan berat badan, dan pastinya menyehatkan tubuh secara keseluruhan. 

Memang olahraganya terbilang ringan kalau dibandingkan kardio atau HIIT. Namun, manfaatnya untuk kesehatan sudah terbukti. Namun, pastinya tidak semudah itu melakukannya. Sebab Anda disarankan untuk jalan kaki 12 ribu langkah per hari. 

Sebenarnya jalan kaki 10 ribu langkah lebih terkenal sejak lama. Namun, menurut coach olahraga Libby Babet, target 12 langkah per hari bisa menjaga kebugaran, menurunkan berat badan, dan akan lebih berhasil untuk transformasi. 

Libby mengatakan bahwa jalan kaki 12 ribu langkah merupakan cara efektif untuk membakar lemak. Olahraga ini pun bisa diakses siapapun karena tidak butuh peralatan apapun, tidak membayar biaya apapun juga. 

Selama ini kadang jalan kaki sering dianggap remeh. Padahal kalau rutin dijalankan, manfaatnya untuk kesehatan sangat banyak. Mulai dari tubuh lebih bugar dan enerjik, tidur lebih nyenyak di malam hari, dan baik untuk kesehatan mental. 

Anda bisa memadukan jalan kaki 12 ribu langkah setiap hari dengan pola makan yang lebih sehat dan imbangi dengan latihan kekuatan cukup 12 menit saja selama 12 hari. 

Membayangkan jalan kaki 12 ribu langkah itu pasti jaraknya jauh dan harus dilakukan berjam-jam ya? Sebenarnya Anda bisa membagi-bagi jumlah langkahnya dalam sehari. 

Misalnya, jalan kaki pagi hari selama 60 menit berkeliling di sekitar rumah. Kemudian, sisanya bisa dari jalan dari parkiran ke kantor, jalan keliling mall, naik tangga, cari makan siang agak jauh, dan jalan-jalan santai di sekitar kantor.