Atasi Kesedihan Berlarut-larut dengan 8 Aktivitas Berikut
Ilustrasi menangis sedih (Pexels/Karolina Grabowska)

Bagikan:

JAKARTA – Kesedihan tidak direkomendasikan untuk ditahan dan mengendap. Jika ditahan justru mengganggu kesehatan mental. Tidak sedikit orang yang tak tahu bagaimana caranya melepaskan rasa sedih.

Kesedihan yang dipendam, ditumpuk, dan susah diungkapkan secara berkepanjangan bisa memicu efek yang lebih fatal, antara lain self-esteem rendah bahkan bisa mengalami bipolar disorder. Agar tak berkepanjangan, 8 aktivitas ini bisa dilakukan untuk merilis kesedihan.

Menangis

Banyak orang mengira menangis adalah tanda orang lemah. Tetapi, faktanya mengangis mampu membantu untuk mengeluarkan hormon stres. Menangis juga membuat mudah terlelap dan merilis hal mengganjal dalam hati. Menangis positif sebagai cara mengekspresikan kesedihan.

Menulis

Menulis atau menulis jurnal harian bisa jadi aktivitas yang melepaskan kesedihan. Rasa sedih yang tidak bisa diungkapkan secara verbal bisa ditulis dengan versi masing-masing. Bisa dengan menuliskan hal-hal yang membuat sedih, bisa juga membuatnya jadi cerita menarik berbentuk cerita sastrawi.

Menggambar

Ada banyak orang yang sulit menggambarkan situasi yang terjadi pada dirinya dengan kata-kata. Hal tersebut bisa diatasi dengan menggambar. Dengan bermain diatas kanvas atau kertas dan cat berwarna-warni, rasa sedih bisa diekspresikan.

Mandi air hangat

Rasa hangat air yang mengalir bisa membuat tubuh jadi rileks. Kalau rasa sedih yang berkepanjangan bikin tegang hingga stres serta depresi, maka cobalah untuk mandi atau berendam air hangat.

Meditasi

Terdapat dua jenis meditasi, yaitu meditasi dengan duduk dan berdiam diri. Jenis meditasi lainnya adalah meditasi berjalan. Meditasi dengan duduk dan berdiam diri, tubuh bisa merasakan to be present tanpa terbeban dengan masa lalu.

Meditasi bentuk ini juga bisa merasakan nafas serta lebih bersyukur dengan apa yang telah dialami meski seburuk apapun itu.

Yang kedua, meditasi berjalan bisa dilakukan dengan solo travel. Bisa juga singgah di satu tempat yang tenang, menyelami lanskap dan menikmati angin yang menabuh daun-daun.

Jalan-jalan

Orang Jepang punya kebiasaan ini pada akhir pekan. Mereka berjalan-jalan ke alam untuk berjarak dengan keadaan dan aktivitas yang membebani. Setelah sehari atau dua, kembali pada aktivitas sehari-hari. Efeknya, kesedihan tidak akan berkepanjangan lagi.

cara mengatasi kesedihan
Ilustrasi jalan-jalan (Pexels/Tobi)

Memasak

Aktivitas ini bisa mendistraksi rasa sedih yang memayungi hati. Sejenak, menyiapkan bahan untuk dimasak, memotong sayuran atau mengukur tepung bahan untuk dibuat kudapan bisa membuat pikiran tidak berkutat pada peristiwa menyedihkan.

Jika memungkinkan, undanglah teman dekat. Setelah masakan atau makanan yang diolah jadi, kamu bisa berbincang dari hati ke hati.

Bercerita ke teman dekat

Kesedihan yang berkepanjangan bisa disebabkan kesendirian. Cara untuk melepaskannya, bisa dengan curhat ke teman dekat. Kadang seseorang tidak butuh buat diberi penilaian atau saran, hanya bercerita sehingga sesak didada bisa lebih leluasa.

Kesedihan yang berkepanjangan bisa diatasi dengan berbagai cara. Delapan aktivitas diatas, bisa dicoba. Jika membutuhkan aktivitas lainnya, lalukan aktivitas self-care dan hindari melakukan hal-hal yang merusak diri sendiri.