Tips Memijat Wajah Sendiri di Rumah agar Kulit <i>Glowing</i>
Ilustrasi (Polina Kovaleva/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Kebanyakan orang lebih sering memilih melakukan pijat wajah atau facial di salon kecantikan atau tempat spa. Selain tak ingin ribet, kebanyakan wanita memilih cara tersebut karena belum memahami teknik yang benar dalam memijat wajah. 

Padahal, pemijatan wajah dapat dilakukan di rumah, terutama saat sedang skincare-an. Pertanyaannya, bagaimana cara memijat wajah yang benar seperti yang dilakukan facialist?

Nah, mudahnya, ambil lah jade roller, gua sha, atau alat pijat wajah yang Anda punya. Jika satu pun tak Anda miliki, gunakan jari-jari tangan saja. 

Penasaran teknik seperti apa yang bisa Anda lakukan? Mari simak cara pijat wajah yang benar dan efektif berdasarkan aesthetician, Cara Peloso seperti dilansir dari Beautified, Jumat, 12 Maret.

Manfaat pijat wajah

Sebelum melakukan pijat wajah, Anda patut mengetahui terlebih dahulu manfaat dari pijat wajah itu sendiri. Jadi, pijat wajah sangat berfungsi untuk memaksimalkan aura wajah atau glowing dan membuat wajah tampak awet muda.

Cara Peloso juga menjelaskan bahwa pijat wajah mampu melancarkan peredaran oksigen pada kulit sehingga produksi kolagen pun meningkat dan membuat wajah bercahaya. Jika wajah Anda terlihat lelah, pijat wajah dapat dilakukan untuk membuat kulit jadi lebih rileks. 

Selanjutnya, teknik pijat seperti pitching massage bermanfaat juga untuk mengencangkan kulit, sementara teknik lymphatic drainage massage berguna untuk detoksifikasi sehingga komedo dan jerawat dapat berkurang.

Cara melakukan pijat wajah di rumah

Menurut Cara Peloso, berikut adalah langkah-langkah pijat wajah yang bisa Anda lakukan di rumah.

  1. Lakukan pemijatan wajah pada tahap cleansing routine yaitu pada pagi dan malam hari.
  2. Bersihkan wajah dengan cleansing oil, setelah itu kompres wajah dengan handuk hangat agar kulit lembut sebelum pemijatan.
  3. Gunakan oil serum atau minyak sejenis jojoba dan grapeseed untuk pemijatan wajah. Disarankan pakai oil dibanding pelembab karena pelembab cepat menyerap saat wajah dipijat.
  4. Untuk alat pijat, gunakan sesuai selera, baik itu jade roller, gua sha, atau jari tangan.
  5. Mulailah memijat wajah dengan teknik stimulating massage, yaitu melakukan gerakan pijat dari leher ke atas hingga dahi. Setelah itu, lanjutkan dengan drainage massage menggunakan bantalan jari, dengan gerakan memompa kulit ke arah bawah secara lembut, seperti sedang menggerakkan koin di meja. Teruskan gerakan ini hingga ke bagian leher.
  6. Lakukan pemijatan tersebut selama yang kamu inginkan selama kurang lebih 3 menit dan fokus pada area wajah yang memerlukan perhatian lebih.

Ingat, saat memijat wajah di rumah, Anda tak bisa menyamai posisi tangan dan level relaksasi sesuai yang didapat dari treatment profesional. Tapi, jika Anda rutin memijat wajah sekitar 4-5 kali seminggu, Anda bisa melihat hasil yang signifikan yaitu wajah glowing sehat, cerah, awet muda, dan bebas masalah.

Cara yang mudah dan tak memakan waktu lama. Dengan manfaat yang besar untuk kesehatan kulit, sepertinya tak ada alasan untuk Anda tak melakukannya. Apalagi aktivitas satu ini sangat membantu mengurangi wajah bengkak saat bangun tidur pagi hari. Segera praktikkan saat melakukan rutinitas skincare harian Anda, yuk!