Mengenal 7 Karakteristik Kopi Nusantara, Dari Gayo hingga Flores Bajawa
Karakteristik kopi nusantara (Freepik)

Bagikan:

Sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, Indonesia memiliki beragam jenis kopi. Varian kopi nusantara tersebar di berbagai daerah di tanah air dengan ciri khasnya masing-masing, baik dari segi rasa dan pengolahannya. 

Jika Anda berkunjung ke coffee shop, biasanya barista akan menawarkan beragam jenis kopi. Nama-nama kopi ini menggunakan nama daerah tempat perkebunan kopinya tumbuh, seperti Gayo, Toraja, Kintamani, Flores, dan lainnya. 

Meski sama-sama tumbuh di tanah Indonesia, namun kopi-kopi daerah tersebut punya ciri khas masing-masing. Keunikan dan keragamannya karakteristik inilah yang membuat kopi nusantara juga populer di kalangan penikmat kopi dunia. Lantas apa saja karakteristik kopi Nusantara dan perbedaannya?

Karakteristik Kopi Nusantara

Para penggemar kopi di Indonesia cukup beruntung karena tanah ini menghasilkan banyak varian kopi. Tak hanya memanjakan lidah masyarakat lokal, kopi khas daerah ini juga berhasil memikat pencecapan wisatawan dari luar negeri.

Kopi-kopi di Indonesia bisa menyuguhkan karakteristik yang berbeda dikarenakan topografi wilayah dan faktor alam yang beragam. Berikut ini karakter kopi nusantara berdasarkan jenis-jenisnya:

Kopi Toraja

Dikenal pula dengan nama Celebes Kalossi, kopi Toraja yang berasal dari Sulawesi ini memikat pecinta kopi dengan aromanya yang khas dan harum. Keunikan kopi Toraja terletak pada tingkat keasamannya yang rendah, membuatnya disukai banyak orang.

Karakteristik kopi Toraja yang istimewa adalah rasa floral dan fruity yang dihasilkan. Perpaduan rasa ini menghasilkan secangkir kopi yang segar dan berkesan. Kekuatan rasa kopinya yang berpadu dengan sedikit kecutan meninggalkan aftertaste unik yang tak terlupakan di lidah para penikmatnya.

Kopi Gayo

Di ujung barat Indonesia, dua jenis kopi diproduksi: Arabika dan Robusta. Namun, yang paling terkenal adalah kopi Gayo Arabika dari Aceh. Kopi ini kerap dijuluki sebagai salah satu kopi terbaik di dunia.

Keistimewaan kopi Gayo terletak pada aromanya yang sangat tajam, sehingga membangkitkan indra penciuman para penikmatnya. Lebih istimewa lagi, kopi Gayo tidak meninggalkan rasa pahit yang lama di lidah seperti kopi lain. Sensasi segarnya yang bertahan lama mampu bikin banyak orang jatuh cinta padanya.

Kopi Bali Kintamani

Kopi nusantara ini menawarkan sensasi kesegaran yang unik dengan cita rasa asam citrus layaknya jeruk. Aromanya yang eksotis dan teksturnya yang ringan menghasilkan secangkir kopi yang tidak terlalu pahit dan tidak meninggalkan aftertaste pekat.

Karakteristik istimewa ini menjadikannya pilihan tepat bagi pecinta kopi yang kurang menyukai kopi dengan body yang 'berat'. Sensasi segar dan ringan kopi ini memungkinkan dinikmati tanpa rasa pahit yang tertinggal di lidah.

Kopi Jawa

Diproses dengan metode wet processing, kopi Jawa menawarkan cita rasa  unik yang berbeda dari kopi Sumatera dan Sulawesi. Meskipun tidak sekuat kopi dari daerah lain, kopi Arabika Jawa ini digemari karena keseimbangan rasanya.

Keseimbangan tersebut tercipta dari tingkat keasaman medium, kekentalan yang pas, dan semilir aroma rempah yang khas. Perpaduan ini menghasilkan sensasi minum kopi yang istimewa dan meninggalkan kesan tersendiri bagi para penikmatnya.

Kopi Lampung

YOGYAKARTA - Berbeda dengan Aceh Gayo yang terkenal dengan kopi Arabika, Lampung justru unggul dalam produksi kopi Robusta. Ciri khas kopi Lampung terletak pada teksturnya yang halus dan rasa yang kuat.

Kekuatan rasa dan karakteristik kopi Lampung ini diyakini berasal dari metode dry processing yang digunakan dalam pengolahan biji kopinya. Perpaduan tekstur halus dan rasa kuat ini menjadikan kopi Lampung pilihan favorit bagi pecinta kopi Robusta.

Kopi Flores Bajawa

Kopi Arabika Flores Bajawa memanjakan lidah dengan tingkat keasaman medium dan tekstur rasa yang ringan. Aromanya yang menggoda mengantarkan sensasi manis yang terpadu dengan cita kacang-kacangan dan herbal di dalamnya. 

Keistimewaan Flores Bajawa ini telah membawanya menembus pasar internasional. Tak heran, kopi ini menjadi favorit para penikmat kopi yang mencari pengalaman rasa yang berbeda dan istimewa.

Kopi Papua Wamena

Kopi Papua Wamena dari timur Indonesia ini memikat dengan ketajaman aromanya dan cita rasanya yang ringan. Mirip kopi Bali dengan rasa floral, kopi Wamena ini juga dilengkapi nuansa harum coklat dan herbal. Aftertaste smokey yang khas menjadi ciri unik dari kopi ini.

Kopi ini juga memiliki tekstur yang lembut dan tidak berampas sehingga ramah di mulut. Perpaduan aroma, rasa, dan aftertaste yang istimewa ini menjadikan kopi Wamena pilihan tepat bagi pecinta kopi yang mencari pengalaman rasa yang berbeda dan tak terlupakan.

Demikianlah ulasan beragam karakteristik kopi nusantara yang perlu dikenali oleh para penikmat kopi. Adanya banyak varian kopi ini bisa memberikan pengalaman yang kaya bagi lidah, sehingga tidak bosan atau mencecap rasa yang monoton. Baca juga kelompok orang yang dilarang minum kopi.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.