Agar Gizi Tetap Seimbang, Begini Cara Menerapkan Pola Makan Diet yang Sehat
Ilustrasi (Lisa Fotios/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan adalah dengan mengonsumsi gizi seimbang. Meski Anda sedang menjalani diet sekalipun, makan makanan bergizi pun penting adanya agar pemenuhan kebutuhan akan nutrisi tubuh tetap terpenuhi.

The United States Department of Agriculture (USDA) merekomendasikan dalam sepiring makanan, harus terdiri dari setengah porsi sayuran dan setengahnya lagi biji-bijian dan protein. Buah-buahan serta produk susu rendah lemak juga wajib dikonsumsi setiap hari.

Bagi Anda pediet yang ingin menerapkan pola makan diet yang sehat, berikut informasi makanan apa saja yang bisa Anda konsumsi agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi.

Protein

Protein sangat diperlukan untuk membangun jaringan. Anda bisa mengonsumsi daging tanpa lemak sebagai makanan berprotein. Hindari ikan, telur, tahu, dan tempe karena protein yang terkandung di dalamnya cukup tinggi. 

Karbohidrat Kompleks

Saat diet, hindari konsumsi karbohidrat sederhana dan cobalah karbohidrat kompleks yang mengandung serat. Anda bisa memilih pasta gandum utuh, nasi merah, atau kentang.

Buah-buahan

Diet juga membutuhkan buah-buahan. Selain jus buah, mengonsumsi buah utuh pun sangat penting untuk memenuhi nutrisi tubuh. Pilihlah buah-buahan segar atau makanan beku dan hindari makanan serta minuman manis. 

Sayuran

Sayuran sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Selain mengandung vitamin, mineral dan antioksidan, sayuran juga kaya akan serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan.

Mengurangi asupan garam dan gula

Mengonsumsi garam dan gula berlebih sangat buruk bagi kesehatan. Garam dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, hingga darah tinggi. Sedangkan gula, menyebabkan obesitas serta penyakit diabetes. 

Batasi konsumsi gula maksimal 4 sdm per hari setiap orang dan garam tidak lebih dari 6 gram sehari untuk orang dewasa.

Menghindari lemak jenuh

Menjalankan diet sehat tentu harus mengurangi lemak jenuh. Lemak jenuh bisa ditemukan dalam mentega, kue, biskuit, lemak babi, hingga krim. Jika Anda terbiasa memasak dengan mentega, coba ganti dengan minyak sayur atau minyak zaitun. Bisa juga dengan bantuan teflon anti lengket dengan sedikit olesan minyak untuk menumis dan memanggang.

Konsumsi air yang cukup

Meski porsi makan bisa dikurangi, tapi tidak dengan porsi minum. Diet sehat mewajibkan pediet meminum sekitar 6 hingga 8 gelas setiap hari. Selain air putih, cairan juga bisa didapatkan dari beberapa buah dan sayur yang mengandung tinggi kadar air seperti semangka, melon dan mentimun.