Syarat Daftar S2 Universitas Terbuka Tahun 2024
Syarat Daftar S2 Universitas Terbuka (Gambar Benzoix Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ingin S2 tapi sambal kerja? Rata-rata orang akan menyarankan untuk masuk Universitas Terbuka alias UT. Lantas seperti apa sih syarat daftar S2 Universitas Terbuka itu?

Bagi kalian calon mahasiswa yang bisa mengikuti pendidikan di Program Pascasarjana Universitas Terbuka mesti memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan ketentuan dan sudah dinyatakan lulus tes masuk. Apa saja sih persyaratannya? Yuk kita bahas selengkapnya di bawah ini!

Syarat Daftar S2 Universitas Terbuka

Program Jurusan yang Ditawarkan

NO

PROGRAM YANG DITAWARKAN

PERSYARATAN

1

Magister Ilmu Administrasi Bidang Minat Administrasi Publik (MAP)

Sarjana (S1) dari semua disiplin ilmu.

2

Magister Manajemen (MM) Bidang Minat Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Manajemen Pendidikan

Sarjana (S1) dari semua disiplin ilmu.

3

Magister Ilmu Kelautan Bidang Minat Manajemen Perikanan

Sarjana (S1)Ilmu Perikanan, atauSarjana (S1)bidang keilmuan yang serumpun dengan Ilmu Perikanan, atau Diploma IV (D-IV) bidang Perikanan.

4

Magister Pendidikan Matematika (MPMt)

1. Sarjana (S1) Matematika atau Pendidikan Matematika, Sarjana (S1) Statistika,

   

2. Berstatus gurubidang studi Matematika,widyaiswarabidang Matematika, atau dosenbidang Matematika.

5

Magister Pendidikan Dasar

1. Sarjana (S1) Pendidikan Dasar atauSarjana (S1) Ilmu Pendidikan lainnya,

   

2. Sarjana (S1) Non Kependidikan dantelah memiliki Akta Mengajar,

   

3. Telah menjadi guru SD atau guru SMP atau Tenaga Kependidikan pada tingkat SD atau SMP (dibuktikan dengan SK dari Dinas P&K atau SK

   

Yayasan).

6

Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI)

1. Berijazah S-1 Pendidikan Bahasa Inggris atau S-1 Bahasa dan Sastra Inggris,

7

Program Magister Studi

Sarjana (S1) atau Diploma IV (D-IV) berbagai bidang ilmu atau bidang profesi.

8

Lingkungan (MSL)

 

9

Program Doktor Ilmu Manajemen (DIM) bidang minat: Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, dan Manajemen Sumber Daya Manusia.

Magister (S-2) dari berbagai bidang ilmu.

10

Program Doktor Administrasi Publik (DAP)

Magister (S-2) dari program studi atau bidang profesi yang relevan.

Catatan:

  1. Melansir dari situs Universitas Terbyka, ijazah S1/ D-IV dari calon mahasiswa wajib berasal dari perguruan tinggi yang memperoleh izin penyelenggaraan dari Dikti ataupun dari universitas luar negeri yang ijasahnya disetarakan S1 oleh Dikti.
  2. Ijazah S2 dari calon mahasiswa wajib berasal dari perguruan tinggi yang memperoleh izin penyelenggaraan dari Dikti serta terakreditasi minimum B ataupun dari universitas luar negeri yang ijasahnya disetarakan S2 oleh Dikti.
  3. Buat program magister reguler, untuk mahasiswa yang sudah lulus tes masuk bisa melaksanakan pendaftaran setelah jumlah calon mahasiswa per kelasnya penuhi kuota 20-25 orang. Apabila kuota tidak terpenuhi, hasil tes masuk masih berlaku selama 4 (empat) semester terhitung semenjak calon mahasiswa dinyatakan lulus uji masuk. Khusus buat Prodi S2 Studi Lingkungan reguler kuota 10-15 orang.
  4. Buat program doktor reguler, untuk mahasiswa yang sudah lulus tes masuk bisa melaksanakan pendaftaran sesudah jumlah calon mahasiswa per kelasnya penuhi kuota minimal 10 orang serta maksimal 15 orang. Apabila kuota tidak terpenuhi, hasil tes masuk masih berlaku selama 4 (empat) semester terhitung semenjak calon mahasiswa dinyatakan lulus tes masuk.
  5. Mahasiswa tidak diperbolehkan pindah bidang minat sehabis teregistrasi.

Persyaratan Lainnya

  • Persyaratan lain yang wajib dipunyai calon mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Terbuka selaku berikut:
  • Memiliki akses jaringan Internet, baik kepunyaan sendiri, kantor, maupun sewa (Warnet).
  • Sanggup memakai Internet buat berkomunikasi, serta mengunduh (download) ataupun mengunggah (upload) data serta informasi.
  • Mempunyai alamat e-mail (e-mail account) yang aktif yang bakal digunakan buat berkomunikasi dengan Program Pascasarjana Univeristas Terbuka.

Bicara soal Universitas Terbuka, kalian bisa melihat beberapa rincian biaya perkulian dengan membaca: “Biaya Kuliah Universitas Terbuka”.

Jadi setelah mengetahui syarat daftar S2 Universitas Terbuka, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!