Memilih Senar Gitar Akustik yang Bagus
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Bagi Anda yang suka bermain gitar, ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan. Salah satunya, cara memilih senar.

Sangat penting bagi gitaris pemula untuk berkenalan dengan gitar akustik lebih dulu ketimbang langsung belajar dengan menggunakan gitar elektrik. 

Dengan menggunakan gitar akustik, tangan seorang gitaris akan lebih kuat dan teruji. Pasalnya, senar gitar akustik cenderung lebih tebal ketimbang senar gitar elektrik.

Lalu, bagaimana cara memilih senar gitar akustik yang bagus? Dalam hal ini, sesuai kebutuhan dan kenyaman Anda. Berikut, VOI berikan beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan saat memilih senar gitar akustik.

1. Pilih bahan senar

Bahan senar akan memberi pengaruh pada warna dan timbre yang dikeluarkan gitar. Ada beberapa bahan yang bisa Anda pilih, di antaranya 80/20 bronze, phosphor bronze, dan coated string. Silakan pilih sesuai genre yang Anda mainkan dan karakter permainan Anda.

Ilustrasi senar gitar akustik (Unsplash)

2. Tension

Tension menunjukkan ketegangan senar gitar. Ada tiga pilihan tension pada senar gitar klasik, yaitu light tension, normal tension, dan hard tension

Untuk yang baru belajar gitar, gunakan yang low tension karena tidak terlalu sulit untuk menekan dan tidak terlalu sakit. Kalau Anda sudah expert, silakan gunakan yang high tension karena lebih presisi dan lebih kuat bunyinya.

3. Action atau ketinggian senar

Seperti halnya menjalani sebuah hubungan dengan pasangan, rasa nyaman adalah faktor yang sangat penting. Begitu juga dengan memilih senar gitar. Jadi, kalau action senarnya lebih tinggi ada baiknya pilih yang normal tension. Kebalikannya, kalau action rendah, pilihlah yang high tension. Tapi lagi-lagi, utamakan kenyaman jari Anda.

Ilustrasi ketinggian senar gitar (Unsplash)

4. Ukuran senar

Selain tension dan action, ukuran senar juga harus jadi perhatian. Semakin besar ukuran senar, semakin banyak tenaga yang diperlukan (harus kuat). Tetapi, akan semakin jelas notasi yang kita mainkan.

Namun, hal ini akan sangat berbeda bagi setiap player karena ukuran senar tergantung kebiasaan si player itu sendiri. 

5. Lapisan senar

Biasanya, senar diberi lapisan agar bisa terlindung dari karat. Senar yang berlapis bisa digunakan pada ruang lembap atau buat Anda yang jarinya mudah berkeringat. Jika senar tidak diberi lapisan. Siap-siap berkarat dalam waktu singkat.