5 Trik Membuat Ruang Keluarga Tetap Wangi dan Bersih
Ilustrasi trik membuat ruang keluarga tetap wangi dan bersih (Freepik/pvproductions)

Bagikan:

YOGYAKARTA –  Ruang keluarga merupakan tempat sebagian aktivitas di rumah, terutama saat kedatangan keluarga dekat. Nah, untuk memastikan ruangan tempat bercengkerama bersama keluarga tetap wangi, lakukan trik berikut ini.

1. Pastikan ruangan berventilasi baik

Pakar kebersihan dan direktur Truly Free dilansir Homes and Garden, Kamis, 11 April, memberi saran untuk selalu membuka jendela atau memastikan sirkulasi udara baik dalam ruangan. Ini perlu dilakukan untuk mengurangi kelembapan. Misalnya dengan menyalakan kipas atau membuka pintu samping. Anda juga bisa memakai dehumidifier yang membantu membersihkan udara dalam ruangan agar tetap seimbang dan bersih.

trik membuat ruang keluarga tetap wangi dan bersih
Ilustrasi trik membuat ruang keluarga tetap wangi dan bersih (Freepik)

2. Bersihkan debu secara menyeluruh dan teratur

Sangat kecil kemungkinan bisa menghilangkan debu sepenuhnya di rumah. Namun membersihkan debu secara teratur dan menyeluruh penting dilakukan. Selain itu, pastikan tidak melewatkan rak atau bingkai foto. Dengan membersihkan debu secara teratur, dapat membantu menyegarkan aroma ruang keluaga Anda.

3. Perhatikan area kecil yang sering disentuh

Meskipun remote televisi atau sakelar lampu tidak membuat aroma ruangan tidak sedap. Tetapi penumpukan bakter dapat menyebabkan  bau tak sedap seiring berjalannya waktu. Ketika Anda membersihkan detail kecil, dapat membuat perbedaan besar dalam kebersihan ruang keluarga. Ini juga termasuk memeriksa bawah meja makan atau bawah lemari perabotan. Jangan sampai makanan jatuh menempel dan mengundang kecoak atau tikus. Maka, perhatikan area-area kecil yang jarang disentuh juga.

4. Cuci perabotan secara teratur

Perabotan tertentu, bisa dibersihkan dengan menyemprot soft furnishing dan menyekanya dengan lap. Tetapi untuk sofa, permadani, atau karpet, perlu dibersihkan secara khusus. Termasuk gorden, yang perlu dicuci berkala. Ditambah lagi bantal dan sprei dapat berbau apek jika tidak dijemur atau dicuci rutin.

5. Tambahkan pengharum ruangan yang khas

Ada beberapa cara untuk menambah keharuman ruang keluarga. Mulai dari menggunakan reed diffuser atau lilin aromaterapi. Bisa juga menyemprotkan campuran minyak esensial pada perabotan supaya membantu memendarkan wangi yang khas. Soal pilihan aroma, Anda bisa memilih yang memberikan efek menenangkan, menghangatkan, dan merilekskan. Seperti lavender, chamomile, atau eucalyptus.

Trik membuat ruang keluarga tetap wangi cukup sederhana bukan? Setelah mengetahui daftar apa saja yang perlu dilakukan dalam penjelasan di atas, Anda bisa mengagendakan tugas-tugas membuat ruang keluarga harum dan nyaman.