Apa Itu Botox Rahang: Pengertian, Manfaat, Pantangan, Waktu yang Dibutuhkan
Ilustrasi suntik botox (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Botox rahang jadi salah satu upaya mempercantik wajah. Cara ini sangat aman asal dilakukan oleh ahlinya. Jika Anda punya rencana melakukan prosedur kecantikan ini, alangkah baiknya mengetahui apa itu botox rahang, mulai dari definisi, manfaat, hingga waktu yang diperlukan sampai hasilnya terlihat.

Apa Itu Botox Rahang

Dikutip dari situs Siloam Hospital, botox adalah salah satu prosedur kecantikan untuk memperbaiki masalah di penampilan wajah, termasuk adanya masalah di bentuk rahang. Botox rahang secara umum membantu memperbaiki bentuk rahang hingga hasilnya lebih tirus dan terdefinisi.

Perlu diketahui bahwa botox rahang termasuk tindakan non-bedah, dilakukan oleh dokter yang menyuntikkan zat botulinum toxin. Pada penanganan botox rahang, dokter akan memberikan injeksi ke otot masseter letaknya ada di dua sisi wajah atau di dekat telinga area pipi.

Manfaat Botox Rahang

Botox rahang tidak hanya dimanfaatkan dalam hal kecantikan saja, namun dalam hal kesehatan. Manfaat kesehatan dari botox rahang misalnya mencegah rahang kencang, mencegah terjadinya penguncian rahang. Bahkan botox mencegah rasa sakit di area rahang seperti meredakan sakit di telinga  hingga mengurangi sensitifitas gigi.

Berikut ini manfaat botong rahang dari sisi kecantikan.

  1. Menghilangkan Kedutaan dan Garis Halus di Area Rahang

Kedutan dan garis halus adalah salah satu dampak penuaan yang terjadi karena berbagai hal seperti paparan sinar matahari. Akibatnya, kulit di rahang jadi kendur, kusam, dan mengganggu penampilan wajah.

  1. Mempertegas Bentuk Rahang

Bentuk rahang yang kurang tegass akan membuat wajah terkesan kurang tajam dan lembut. Bahkan akan terjadi kekakuan di area tulang rahang.

  1. Memperbaiki Wajah

Rahang jadi salah satu kunci bentuk wajah. Ada beberapa kondisi tertentu pada wajah yang dapat diatasi dengan botox rahang seperti wajah yang tak simetris, rahang terlalu lebar, dan sebagainya.

Tidak hanya dari sisi kecantikan, botox rahang juga punya manfaat sendiri dalam hal kesehatan yakni sebagai berikut.

  1. Redakan Nyeri di Rahang

Otot di area rahang bisa sangat menegang hingga memicu rasa nyeri hingga sakit kepala. Ahar otot lebih kendur bisa dilakukan dengan suntik botox.

  1. Kurangi Gejala Bruxism

Bruxism adalah sebuah kondisi saat seseorang tanpa sadar menggertakkan gigi atau mengatupkan gigi. Saat bruxism jadi kebiasaan akan mengakibatkan gigi rusak, hingga sakit rahang sampai ke kepala.

  1. Redakan Sakit Kepala hingg Kurangi Gigi Sensitif

Ketegangan di otot rahang menyebabkan sakit kepala migrain. Selain itu, cairan botox juga membantu meredakan gigi yang sensitif.

Langkah Botox Rahang

Dokter memiliki prosedur botox rahang yang harus dilalui oleh pasien. Artinya tindakan ini tidak bisa dilakukan secara langsung. Berikut ini mekanisme atau langkah botox rahang yang dilakukan oleh dokter spesialis.

  1. Pemeriksaan Fisik Lebih Dulu

Dokter akan memeriksa fisik pasien demi meminimalisir risiko atau komplikasi pascaprosedur. Pemeriksaan ini juga bertujuan sebagai analisis sehingga dokter tahu area mana yang akan disuntik dan seberapa banyak dosisi yang diperlukan.

  1. Pembersihan Area Rahang

Setelah melalui tahap pertama, dokter akan lanjut dengan membersihkan area rahang. Pembersihan dilakukan dengan cairan antiseptik agar tak terjadi infeksi.

  1. Pemberian Anestesi

Suntik botox tidak terasa sakit karena dokter akan memberikan anestesi oleh di area rahang yang akan disuntik.

  1. Injeksi Botox

Dokter menggunakan jarum suntik yang sangat halus untuk memasukkan cairan botox ke otot masseter. Durasi suntik botox rahang tergantung banyak hal salah satunya adalah seberapa banyak area yang ditandai dokter. Namun rata-rata durasinya satu jam.

Hasil suntik botox rahang biasanya akan terlihat tujuh haru pasca tindakan. Bahkan di beberapa kasus hasilnya sudah bisa dilihat setelah tiga atau empat hari setelah botox. Bagi masyarakat yang berencana melakukan prosedur ini disarankan untuk tahu efek samping suntik botox lebih dulu.

Selain terkait apa itu botox rahang, kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.