Mengandung Omega-3, Ini 7 Jenis Ikan Laut yang Sehat untuk Dimakan
Ilustrasi jenis ikan laut yang sehat untuk dimakan (Freepik/jcomp)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ikan laut merupakan salah satu sumber protein yang baik. Baik ikan laut maupun air tawar, mengandung asam lemak omega-3 dan nutrisi baik lainnya. Nutrisi ini adalah komponen penting dari pola makan sehat.

Mengonsumsi ikan, menurut ahli diet dan gizi bersertifikat Kimberly Gomer, memiliki sejumlah manfaat. Karena tinggi protein, mengonsumsi ikan membantu membangun serta memelihara otot, tulang, dan kulit. Ikan juga mengandung vitamin A yang bermanfaat pada kesehatan mata, fungsi kekebalan tubuh, dan reproduksi. Vitamin B pada ikan, termasuk tiamin, riboflavin, niasin, folat, berperan mendukung sistem saraf dan otak.

jenis ikan laut yang sehat untuk dimakan
Ilustrasi jenis ikan laut yang sehat untuk dimakan (Freepik)

Ikan yang rutin dikonsumsi setiap hari, juga bermanfaat memperkuat tulang dan tinggi asam lemak omega-3 yang berkontribusi pada pertumbuhan energi, jaringan jantung, paru-paru, pembuluh darah, dan sistem kekebalan tubuh. Saran Gomer, orang dewasa setidaknya harus makan 8 ons ikan setiap minggu berdasarkan diet 2000 kalori. Untuk memenuhi kebutuhan dan menyerap manfaat mengonsumsi ikan, berikut jenis ikan laut yang sehat untuk dimakan.

1. Sarden

Ikan sarden tinggi mengandung omega-3 dan bisa dimakan bersama tulang durinya yang lunak. Secara keseluruhan, ikan ini juga mengandung kalsium dan harganya tidak mahal. Bahkan Anda bisa membelinya kalengan yang hanya perlu dipanaskan dan dihidangkan.

2. Makarel

Makarel adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik dan merupakan sumber vitamin D. Melansir Forbes Health, Rabu, 27 Maret, makarel goreng lebih tinggi karbohidrat dan gula namun rendah protein. Maka lebih baik diolah dengan dipanggang, dibakar, atau dikukus.

jenis ikan laut yang sehat untuk dimakan
Ilustrasi jenis ikan laut yang sehat untuk dimakan (Freepik/jcomp)

3. Ikan teri

Jangan salah, ikan berukuran kecil-kecil ini ternyata kaya omega-3. Ikan teri juga mengandung sejumlah besar fosfor, kalsium, dan potasium yang berkontribusi menghasilkan energi tubuh.

4. Ikan salmon

Ikan salmon paling populer kandungan baiknya untuk kesehatan. Selain kaya akan omega-3, salmon juga tinggi protein, potasium, vitamin D, vitamin E, dan beberapa jenis vitamin B.

5. Ikan haring

Ikan haring mengandung vitamin penting untuk kesehatan sistem saraf pusat dan pembuatan sel darah putih, sel darah merah, serta trombosit. Kebanyakan, ikan haring didapat liar dan bukan budidaya. Ikan berukuran kecil-kecil ini, mengandung omega-3, vitamin D, dan selenium serta vitamin B12.

6. Ikan trout

Daftar ikan laut selanjutnya yang sehat dimakan adalah ikan trout. Ikan ini sedikit mengeluarkan minyak, tetapi sehat karena dari asam lemak sehat omega-3. Karena kalau digoreng lebih tinggi karbohidratnya, lebih baik ikan trout diolah dengan dipanggang atau dikukus saja.

7. Ikan tuna

Ikan tuna mudah dibeli dan bisa diolah secara sederhana. Meski bukan ikan berminyak, tuna tetap jadi pilihan sehat berkat kandungan omega-3, yodium, dan taurine atau asam amino yang berkontribusi pada struktur sel, mengontrol pendarahan, dan menurunkan tekanan darah.

Itulah jenis ikan laut yang sehat untuk dimakan. Penting dipertimbangkan, saat membeli ikan segar, pilihlah yang berkualitas baik.