Mengenal Gejala Sakit Kepala karena Dehidrasi dan Cara Pencegahannya
Ilustrasi gejala sakit kepala karena dehidrasi dan cara pencegahannya (Freepik/katemangostar)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sakit kepala karena dehidrasi disebabkan tubuh kehilangan terlalu banyak cairan dan elektrolit. Cara paling sederhana mengobati dan mencegahnya, adalah dengan minum cukup air. Sebanyak 9 dari 10 orang mengalami sakit kepala jenis ini. Sifat penyakit ini ringan atau jika parah rasanya seperti migrain.

Tubuh membutuhkan keseimbangan cairan dan elektrolit agar dapat berfungsi dengan baik. Elektrolit adalah mineral seperti kalium atau natrium yang membantu mengatur berbagai fungsi tubuh. Saat Anda banyak aktivitas, penting untuk minum cukup air supaya tidak mengalami sakit kepala karena dehidrasi.

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, dilansir Medical News Today, Kamis, 21 Maret, otak dapat berkontraksi sementara. Hal ini menyebabkan otak menjauh dari tengkorak, sehingga menyebabkan rasa sakit atau sakit kepala. Setelah direhidrasi, atau mendapatkan cukup cairan setelah dehidrasi, sakit kepala mungkin akan hilang.

gejala sakit kepala karena dehidrasi dan cara pencegahannya
Ilustrasi gejala sakit kepala karena dehidrasi dan cara pencegahannya (Freepik )

Gejala sakit kepala karena dehidrasi, antara lain kepala terasa pusing, nyeri, atau migrain hebat. Nyeri kepala akibat dehidrasi ini, bisa terjadi di bagian depan, belakang, samping, atau seluruh kepala. Kalau kepala digerakkan saat mengalaminya, akan terasa sangat sakit. Perlu dikenali betul, bahwa sakit kepala karena dehidrasi berbeda dengan sakit kepala karena sinus.

Sakit kepala karena dehidrasi tidak merasakan tekanan nyeri pada wajah. Nyeri juga tidak terjadi pada bagian belakang leher. Gejala sakit kepala karena dehidrasi, disamping pusing, antara lain merasakan haus yang ekstrim, frekuensi buang air kecil berkurang, urin berwarna gelap, bingung, kelelahan, mulut kering dan lengket, elastisitas kulit menurun, tekanan darah rendah, dan peningkatan detak jantung.

Gejala tambahan sakit kepala karena dehidrasi, di antaranya mata cekung, demam, tidak mengeluarkan keringat, mengigau, tidak sadar, dan kulit keriput. Faktor yang menyebabkan dehidrasi, karena diare, muntah, keringat berlebih baik karena olahraga berat atau kepanasan, demam, dan buang air kecil berlebih.

Cara terbaik dalam mengatasi sakit kepala karena dehidrasi adalah dengan memperbanyak asupan cairan. Seperti minum air putih atau cairan sehat lainnya. Jika ini terjadi setelah olahraga, penting untuk mengganti elektrolit yang hilang dengan minuman olahraga. Selanjutnya, kurangi aktivitas fisik sementara waktu untuk mengurangi keringat keluar. Penting lagi, hindari minum alkohol dan kafein karena justru meningkatkan dehidrasi.

Di samping mengatasi dengan cara sedehana di atas, penting untuk mengidentifikasi akar penyebabnya. Kalau disebabkan diare, muntah, atau diikuti gejala tidak nyaman lainnya, penting untuk segera periksa ke dokter. Cara mencegah sakit kepala karena dehidrasi, pastikan cairan dan elektrolit tubuh tetap seimbang. Seperti dengan minum cukup cairan setidaknya 8 gelas sehari dan kurangi aktivitas fisik saat hari panas untuk mengurangi cairan menurun dari keringat mengucur.