7 Tips agar Muka Tidak Kusam, Penting Juga Mengenali Penyebabnya
Ilustrasi tips agar muka tidak kusam (Freepik/pressfoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Muka kusam tak bersinar, bisa disebabkan sejumlah faktor. Karena kulit dianggap sebagai “organ terbesar”, maka penting mengenali penyebab muka kusam. Pertama, penelitian menunjukkan bahwa kurang minum air menyebabkan kulit tak sehat. Ini karena melembapkan kulit dari dalam sama pentingnya dengan mengaplikasikan pelembap kulit secara rutin. Penyebab kulit muka kusam lainnya, karena asap rokok dan penuaan. Mengingat faktor yang beragam, ikuti tips merawat muka agar tidak kusam berikut ini.

1. Rawat dengan lembut

Kelembutan adalah kunci dalam merawat kulit muka. Saran Tsippora Shainhous, MD., FAAD., dilansir Healthline, Rabu, 20 Maret, hindari memakai produk muka yang keras dan menyebabkan iritasi, robekan kecil, kemerahan, hingga membuat kulit terkelupas. Aturan pemakaian skincare juga perlu diikuti. Dimulai dari memakai pembersih, baru aplikasikan pelembap disusul tabir surya.

tips agar muka tidak kusam
Ilustrasi tips agar muka tidak kusam (Freepik)

2. Masukkan eksfoliasi dalam bagian rutinitas

Pengelupasan kulit atau eksfoliasi penting dilakukan. Tujuannya mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di lapisan kulit terluar yang sebabkan muka terlihat kusam, kering, dan bersisik.

Eksfoliasi juga meningkatkan pergantian sel dan merangsang produksi kolagen. Aktivitas ini, hanya efektif dilakukan maksimal dua kali seminggu. Dapat meningkatkan frekuensi tergantung bagaimana kulit muka menoleransinya. Pastikan pula memilih cara eksfoliasi paling sesuai, baik memakai scrub ataupun memakai produk mengandung formula kimia seperti AHA dan BHA.

3. Pakai serum kulit muka

Serum wajah mengandung bahan formula dengan konsentrasi tinggi yang membantu mengatasi berbagai keluhan. Termasuk melembapkan, mencerahkan, dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Serum juga lebih cepat menyerap dalam kulit. Sehingga cukup mengaplikasikan sekali atau dua kali sehari. Shainhouse merekomendasikan serum yang dapat mengatasi muka kusam mengandung vitamin C, vitamin B3 atau niacinamide, asam ferulat, dan resveratrol.

tips agar muka tidak kusam
Ilustrasi tips agar muka tidak kusam (Freepik)

4. Rutin masker wajah

Rutin sekali seminggu memakai masker wajah, adalah cara lain membuat kulit muka Anda bersinar. Carilah masker yang mengandung antioksidan, asam hialuronat, shea butter, dan bahan lain yang menghidrasi serta mencerahkan.

5. Jangan lupakan pakai pelembap

Seperti telah disampaikan pada paragraf pembuka, bahwa memakai pelembap adalah kunci kulit muka tetap segar dan lembap. Anda cukup kenakan dua kali sehari, yang rekomendasi Shainhouse mengandung ceramide, asam hialuronat dan gliserin untuk mengencangkan kulit, dan petrolatum serta demetikon yang mencegah kelembapan kulit menurun.

6. Merangsang kolagen dengan retinoid

Retinoid membantu mengelupas sel-sel kulit tua dan memunculkan sel-sel kulit baru yang segar ke permukaan. Bahan ini juga menghaluskan dan menipiskan lapisan atas sel. Untuk memulai, Shainhouse merekomendasikan untuk menerapkan perawatan retinoid dua kali pada malam hari dalam seminggu. Kemudian bisa meningkatkan frekuensinya saat kulit Anda terbiasa dengan bahan ini.

7. Pakai tabir surya setiap hari

Tak kalah penting dengan pelembap, serum, masker, dan skincare lainnya. Memakai tabir surya membantu mencegah kulit muka kusam karena terpapar sinar UV.

Ketujuh tips agar muka tidak kusam di atas, perlu Anda lakukan secara rutin. Di samping perawatan yang lembut, penting juga mendapatkan asupan nutrisi cukup untuk memperbaiki kulit dari dalam.