Begini 8 Tips Membuat <i>Meal Prep</i> untuk Pemula
Ilustrasi tips membuat meal prep untuk pemula (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Hanya punya waktu sedikit untuk menyiapkan makanan, strategi mengatasinya adalah dengan meal prep atau mempersiapkan makanan. Sebuah penelitian menemukan bahwa seseorang yang merencanakan dan menyiapkan makanan cenderung patuh pada pedoman nutrisi serta memiliki makanan yang variatif. Bagi pemula yang ingin menyiapkan meal prep, berikut tipsnya.

1. Buat rencana dan jadwal persiapan

Salah satu cara terbaik untuk menyiapkan makanan adalah dengan menyisihkan satu atau dua jam setiap minggu menyusun rencana makan dam membuat daftar belanjaan. Melansir Everyday Health, Kamis, 14 Maret tuliskan rencana dan jadikan prioritas. Disarankan pula mengalokasikan waktu terpisah antara menyiapkan bahan seperti memotong sayur pasca belanja dan memasak makanan hingga menyimpannya dalam lemari pendingin.

Selain merencanakan apa yang mau dimasak, berapa hari, dan mengalokasikan waktu mengolah dan menyimpan makanan, perlu menginventarisasi dapur. Anda bisa membuat daftar item yang habis, yang masih, atau rencana akan dibuat pekan depan.

tips membuat meal prep untuk pemula
Ilustrasi tips membuat meal prep untuk pemula (Freepik)

2. Buat rencana makan yang variatif

Menyantap menu sama mungkin satu aspek yang bikin beberapa orang tak suka meal prep. Untuk mengantisipasi rasa bosan, Anda bisa menuliskan pilihan makanan favorit pada catatan tempel lalu tempelkan catatan pada kalender untuk menyusun menu. Penting lagi merotasi menu agar tidak mengulang menu makanan yang sama.

3. Belanja produk musiman

Berbelanja sesuai musim, adalah cara terbaik mendorong diri Anda mencoba jenis produk baru. Misalnya ketika sedang panen labu kuning, Anda bisa mengolahnya menjadi beberapa hidangan. Produk musiman, biasanya memiliki nutrisi tertinggi. Selain itu, rasanya enak dan harga lebih terjangkau.

4. Jangan tergoda

Sangat mudah sekali tergoda saat berbelanja. Terutama saat belanja dengan perut kosong. Jika Anda tidak ada dalam catatan, jangan tergoda memasukkannya dalam keranjang. Paling sehat, pilih makanan sehat seperti hasil bumi, susu, daging, ikan, dan telur. Berpeganglah pada item belanjaan yang dibutuhkan meal plan Anda.

tips membuat meal prep untuk pemula
Ilustrasi tips membuat meal prep untuk pemula (Freepik)

5. Simpan dalam wadah kompartemen

Anda tidak perlu membeli stoples atau tuperware baru kalau di rumah sudah punya wadah kompartemen. Ini akan membantu mengontrol porsi, memperlihatkan variasi makanan, dan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi. Setelah memasukkan persiapan makanan, beri label masing-masing wadah. Tuliskan isi dan tanggal pembuatannya.

6. Berkreasi dengan bumbu dan rempah-rempah

Di samping memilih kualitas bahan yang baik, tambahkan rasa dengan memasukkan bumbu dan rempah. Bumbu dan rempah menambah kesegaran pada rotasi makanan Anda tanpa merombak menu. Hal yang sama berlaku untuk dressing, siapkan minyak zaitun, cuka, dan beberapa bumbu.

7. Masak secara berkelompok

Setelah menetapkan kapan membuat meal prep, Anda dapat mencoba memasak makanan utuh dengan beberapa porsi terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan berapa banyak bahan yang harus disiapkan kalau merencanakan meal prep satu minggu.

8. Pastikan punya persediaan

Dapur yang terisi bahan makanan, membantu Anda sukses membuat meal prep. Untuk itu penting memastikan punya persediaan bahan-bahan makanan tertentu. Bahan yang penting punya, antara lain beras merah ataupun putih, biji-bijian, kacang kering, kacang hijau, rempah-rempah, kacang kalengan tanpa tambahan garam, selai kacang tanpa pemanis, kaldu jamur rendah sodium, ikan kaleng.

Itulah kedelapan tips membuat meal prep bagi pemula. Pada awalnya, mungkin perlu banyak mencatat dan mendisiplinkan diri supaya belanjaan sesuai dengan meal plan. Tetapi bila sudah sering mempersiapkan makanan, maka akan membuat Anda merasakan manfaatnya.