Jadwal Minum Air Putih Saat Puasa Agar Terhindar dari Dehidrasi
Jadwal Minum Air Putih Saat Puasa (Gambar Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ketika menunaikan ibadah Puasa di bulan Ramadhan tentunya kita perlu banget yang Namanya menjaga cairan di dalam tubuh. Ada jadwal minum air putih saat puasa yang bisa kalian terapkan sebenarnya agar tak dehidrasi alias kekurangan cairan. Penasaran? Yuk simak ulasan berikut!

Umumnya, tubuh manusia memerlukan asupan air paling tidak 2 liter perharinya, atau setara dengan 8 gelas air putih. Hal itu dikarenakan tubuh kita 80 persennya adalah air. Oleh sebab itu, kekurangan asupan air bisa berpengaruh pada kondisi tubuh kita, seperti dehidrasi.

Ketika berpuasa tentunya kita diwajibkan untuk tidak makan dan minum hingga menjelang adzan Magrib. Meskipun kita tahu tubuh kita akan tetap beraktivitas seperti biasa, namun bagaimana caranya agar kita tak kekurangan cairan?

Jadwal Minum Air Putih Saat Puasa

Ketika sedang berpuasa, asupan cairan dalam tubuh mesti wajib terpenuhi. Hal itu amat penting dilakukan agar terhindar dari risiko dehidrasi yang di tandai dengan pusing, lemas, bibir kering, serta urine berwarna gelap. Agar memenuhi kebutuhan cairan ketika berpuasa, kalian diharuskan untuk menerapkan pola 2-4-2, yaitu:

1. Dua Gelas Air Putih saat Berbuka

Supaya lebih sehat, biasakan buat berbuka puasa dengan air putih baru dilanjut dengan santapan lainnya. Saat berbuka puasa, pastikan buat minum paling tidak 2 gelas air putih ataupun lebih secara berkala, sesuai dengan kebutuhan. Minum air putih saat berbuka puasa dapat menolong mengganti cairan badan yang hilang sehabis seharian beraktifitas di tengah puasa.

2. Empat Gelas Air Putih saat Makan Malam

Berikutnya, dianjurkan buat minum air putih secara berkala saat malam hari sampai menjelang tidur. Minum 4 gelas air putih pada malam hari dengan pembagian satu gelas air putih saat sebelum makan, satu gelas air putih sehabis makan malam, satu gelas air putih sehabis tarawih, serta satu gelas air putih menjelang tidur. Minum air putih sebelum makan serta setelah makan dapat menolong melancarkan proses pencernaan makanan.

3. Dua Gelas Air Putih saat Sahur

Saat sahur disarankan buat minum paling tidak 2 gelas air putih. Kalian dapat membaginya, yakni satu gelas saat bangun tidur ataupun sebelum makan serta satu gelas sehabis makan sahur. Mengingat berartinya makanan serta minuman buat memberi tenaga tubuh sepanjang puasa, hendaknya jangan melupakan makan sahur. Tidak hanya itu, jangan lupa minum air putih supaya kebutuhan cairan badan dapat terpenuhi.

Apakah ada minuman yang baik dikonsumsi selain air putih? Jawabannya ada, tetapi ada baiknya kalian senantiasa minum air putih sesuai kebutuhan tubuh. Air putih mempunyai beberapa khasiat buat badan, mulai dari melindungi badan tetap bertenaga, melancarkan pencernaan, baik buat metabolisme badan, dan memelihara kesehatan serta kelembaban kulit.

Tidak hanya air putih, terdapat beberapa tipe minuman lain yang dapat dikonsumsi buat menolong melindungi kesehatan serta kandungan cairan badan, semacam air kelapa, teh manis, madu, serta juice buah. Minuman yang mempunyai rasa manis memanglah disebut dapat menolong mengembalikan energi badan sehingga tidak lemas.

Tetapi butuh diingat, hendaknya jauhi menggunakan pemanis buatan serta jangan kelewatan dalam komsumsi makanan maupun minuman manis. Setelah seharian berpuasa, umumnya kemauan buat komsumsi rasa manis bakal bertambah, maka dari itu penting buat mengenali batasan wajarnya.

Tidak hanya air putih serta minuman manis, konsumsi masakan sehat yang lain pula butuh dicermati. Dengan begitu, puasa bakal berjalan mudah serta kesehatan badan senantiasa terpelihara. Baca juga:  Apakah Puasa Bisa Mengurangi Gula Darah?

Jadi setelah mengetahui jadwal minum air putih saat puasa, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!