7 Manfaat <i>Food Preparation</i>, Racik Hidangan Berbuka dan Sahur Jadi Lebih Cepat
Ilustrasi manfaat food preparation (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Memasuki  bulan Ramadan, banyak orang mencari cara hemat waktu mempersiapkan hidangan untuk berbuka dan sahur lebih cepat. Selain dengan beli di rumah makan, restoran, atau cloud kitchen milik kenalan, Anda bisa mempersiapkan makanan atau disebut food preparation kalau ingin memasak sendiri.

Bagi pemula yang baru saja merencanakan food preparation, penting untuk membuat rencana makan, misalnya untuk seminggu ke depan. Fleksibilitas adalah kuncinya, ini yang membuat Anda rileks dan tak harus ini dan itu. Food preparation, dilakukan dengan perencanaan, sedikit pemotongan untuk persiapan, dan pengasinan untuk pengawetan bahan makanan sampai dimasak sesuai rencana waktu. Berikut manfaat menyiapkan makanan atau food preparation.

1. Kualitas dan variasi makanan meningkat

Perencanaan makan secara ilmiah  dikaitkan dengan pola makan yang lebih beragam dan berkualitas tinggi. Ini artinya menyediakan nutrisi yang tidak akan Anda dapatkan jika tidak melakukan food prep. Melansir Everyday Health, Selasa, 12 Maret, penelitian menemukan seseorang yang melakukan food prep cenderung mengikuti pedoman nutrisi dan mengonsumsi makanan lebih bervariasi.

manfaat food preparation
Ilustrasi manfaat food preparation (Freepik)

2. Mencegah obesitas dan mendukung penurunan berat badan

Makanan yang diolah dirumah lebih rendah mengandung lemak jenuh dan natrium. Hal ini menjelaskan kenapa mempersiapkan makanan dikaitkan dengan penurunan berat badan dan pencegahan obesitas. Dengan food prep, kita bisa mempersiapkan menu apa yang akan dimakan saat berbuka dan sahur. Untuk itu, persiapan membantu mengontrol porsi dengan memiliki kendali atas bahan-bahan yang akan dimasak dan cara memasaknya.

3. Menghemat uang

Menyiapkan makanan dapat membantu Anda menghemat uang untuk belanjaan. Karena dengan food prep memaksa Anda untuk berhati-hati dalam memilih dan membelanjakan uang hasil jerih payah. Maka penting memiliki rencana dalam seminggu ke depan mau masak apa dan belanja bahan apa saja. Membeli apa yang Anda perlukan sesuai perencanaan, membantu mencegah pemborosan.

manfaat food preparation
Ilustrasi manfaat food preparation (Freepik)

4. Lebih terorganisir

Penelitian menunjukkan, jadwal yang sibuk alasan paling umum orang memilih makanan cepat saji. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana memasak dan menghemat lebih banyak waktu, Anda perlu menyisihkan waktu satu hari untuk menyiapkan makanan misalnya untuk seminggu ke depan.

5. Mengurangi limbah makanan

Kalau memiliki perencanaan, tentu akan mengurangi pergi ke toko untuk beli bahan masak yang masa simpannya hanya sebentar. Mempersiapkan makanan juga membantu Anda mengurangi sisa makanan yang dibuang. Buah atau sayuran pada akhirnya akan jadi busuk kalau Anda hanya memasukkannya sebagai camilan. Tetapi ketika sudah dipotong dan disiapkan sebagai serangkaian makan, maka pasti akan habis termakan.

6. Mengurangi kesempatan impulsif memilih makanan

Memilih makanan secara impulsif, sering terjadi ketika Anda sedang lapar, Keputusan yang diambil pun tidak menyeluruh. Sehingga memilih makanan acak tanpa mempertimbangkan kandungan nutrisi dan bagaimana mengolahnya. Dengan food preparation, Anda tetap fleksibel memilih makanan tetapi juga tetap on rule karena semua bahannya sudah disiapkan.

7. Meningkatkan kesehatan emosional

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada pulang ke rumah setelah menyelesaikan tugas di luar dan berdiskusi dengan keluarga akan sahur apa nanti. Mempersiapkan makanan, menurut penelitian di Kanada, menunjukkan bahwa tingkat kesehatan mental lebih tinggi ketika menyiapkan makanan sehari-hari di rumah.

Ternyata, manfaat food preparation tidak sekedar menyiapkan makanan lebih cepat. Tetapi efeknya positif bagi kesehatan fisik dan mental.