7 Langkah Melakukan Facial Cokelat di Rumah biar Wajah Makin Bercahaya
Ilustrasi (Arina Krasnikova/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Perawatan wajah dengan coklat menawarkan banyak manfaat bagi kulit, menjadikannya perawatan mewah bagi kulit Anda. Kaya akan antioksidan, kakao membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan berkontribusi terhadap penuaan dini, membuat penampilan lebih muda dan bercahaya.

Kandungan kafein alami dalam coklat merangsang aliran darah, meningkatkan sirkulasi dan memberikan nutrisi penting ke sel-sel kulit, sehingga menghasilkan kulit yang sehat dan bercahaya.

Selain itu, sifat pelembab dari kakao butter mampu menghidrasi kulit secara mendalam, menjadikannya lembut, halus, dan kenyal. Facial dengan cokelat juga memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga cocok menenangkan dan menyejukkan kulit yang teriritasi atau sensitif. Secara keseluruhan, menikmati perawatan wajah dengan coklat dapat membantu meremajakan dan menutrisi kulit, menjadikannya tampak dan terasa segar serta direvitalisasi.

Berikut ini langkah yang bisa Anda lakukan untuk memulai facial cokelat dari rumah.

Membersihkan

Mulailah dengan membersihkan wajah dengan pembersih yang lembut untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan riasan. Keringkan wajah dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan handuk kering dan bersih. 

Mempersiapkan Masker Cokelat

Lelehkan dark chocolate dalam double boiler atau microwave, aduk sesekali hingga betul-betul mencair. Biarkan hingga agak dingin tetapi pastikan tetap dalam keadaan cair.

Tambahkan Bahan

Agar manfaat masker makin maksimal, Anda bisa menambahkan bahan bermanfaat lainnya. Misal, mencampurkan satu sendok makan madu untuk sifat antibakteri dan manfaat pelembabnya. Anda juga bisa tambahkan satu sendok makan yogurt untuk khasiatnya yang menenangkan dan eksfoliasi.

Aplikasikan Masker

Dengan menggunakan kuas atau ujung jari, oleskan masker coklat secara merata pada wajah dan leher, menghindari area mata yang sensitif. Santai dan diamkan masker selama sekitar 15-20 menit.

Pijat

Setelah masker mengering, basahi ujung jari Anda dengan air dan pijat lembut pada wajah Anda dengan gerakan melingkar. Ini membantu mengeksfoliasi kulit dan meningkatkan sirkulasi.

Membilas

Bilas masker dengan air hangat, pastikan semua sisa cokelat hilang. Tepuk-tepuk kulit Anda hingga kering dengan handuk bersih.

Melembabkan

Akhiri dengan mengoleskan pelembab favorit Anda untuk mengunci hidrasi dan menjaga kulit Anda tetap lembut dan kenyal.

Setelah semua rangkaian selesai dilakukan, kini waktunya mengagumi kulit bercahaya Anda dan nikmati pengalaman mewah perawatan wajah coklat di dalam kenyamanan rumah sendiri.