Apa yang Perlu Dilakukan Jika Pasangan Tidak Menghargai Kamu?
Ilustrasi (Juan Mendez/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Rasa tidak hormat atau tidak menghargai bisa menimbulkan masalah dalam hubungan. Pasangan yang tidak dihormati bisa merasa tidak aman dan kehilangan harga dirinya. Atau bisa jadi dia merasa semakin marah atas perlakuan yang diterimanya dan merasa kesal karena tidak dihargai.

Jika pasangan tampak tidak menghargai Anda, berikut dua strategi yang dapat membantu memperbaiki situasi, dilansir dari Very Well Mind, Selasa, 27 Februari.

Tingkatkan Komunikasi Sebagai Pasangan

Langkah pertama adalah fokus pada cara Anda dan pasangan berkomunikasi satu sama lain, terutama saat konflik. Dr Amy Keller, PsyD dan MFT, menyarankan pasangan untuk saling aktif mendengarkan dan lebih mengekspresikan perasaan.

Dengan berani menyampaikan perasaan, pasangan jadi tahu apa yang Anda rasakan. Sehingga, diharapkan pasangan lebih memahami bagaimana cara memperlakukan Anda sesuai dengan yang Anda harapkan.

Buat Batasan yang Jelas

Perjelas apa-apa yang jadi batasan diri Anda pada pasangan. Bicaralah jika pasangan melewati batas yang Anda buat. Kesalahpahaman tentang batasan akan sering muncul, namun pasangan yang memiliki hubungan sehat akan mengatasinya.

Lihatlah Masalah Itu Secara Objektif

Mungkin pasangan menunjukkan penghargaannya melalui tindakan, bukan kata-kata. Anda ingin mendengar bahwa dia memperhatikan Anda setiap bangun pagi, tetapi bahasa cinta atau love language dari pasangan itu berupa sentuhan atau physical touch.

Jadi, ketika dia menyentuh bahu Anda dan tersenyum kepada Anda tanpa mengucapkan kata-kata pengakuan, itu sudah menunjukkan bentuk penghargaan darinya.

Bersikap tenang

Ini adalah proses yang paling sulit, tapi ini sepadan untuk dicoba. Jika Anda bisa bersikap tenang dan dingin ketika berurusan dengan pasanga yang tidak menghargai batas itu, ini akan membuat Anda menjadi sosok yang lebih kuat.

Pasangan yang toksik tidak akan berani melawan Anda, malahan dia akan merasa kalah dan terdiam dengan sifat tenang Anda. Dia tidak bisa mengubah Anda menjadi orang yang buruk. Dan yang paling penting, dia akan melihat bahwa dia tidak main-main dengan batasan yang Anda buat. 

Hindari Berpikir Negatif yang Berlebihan

Memikirkan hal-hal seperti, "Pasangan yang tidak pernah melakukan sesuatu yang baik untuk Anda," atau “Pasangan selalu mengharapkan saya melakukan segalanya," hanya akan membuat Anda merasa lebih buruk.

Menjauhkan diri sejenak dari pikiran-pikiran negatif akan membantu Anda sedikit lebih realistis dalam menyikapi permasalahan dengan pasangan.