Tanpa Minum Kopi, Begini 9 Cara Mengatasi Energi Melemah Jelang Sore Hari
Ilustrasi cara mengatasi energi melemah jelang sore hari tanpa minum kopi (Freepik/pressfoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Normal apabila energi cenderung menurun jelang sore hari. Kalau Anda seharian sudah beraktivitas, mungkin saatnya mengambil jeda beberapa saat untuk beristirahat. Baru setelah istirahat bisa melanjutkan aktivitas produktif lainnya. Namun, apabila tugas tak bisa ditunda tetapi energi hampir habis, bisa diatasi dengan beberapa cara yang akan dijelaskan di bawah ini.

Kemerosotan energi pada sore hari, merupakan alarm tubuh minta istirahat. Mungkin Anda jadi sering menguap, atau memaksanya tetap produktif dengan menyesap kopi. Tetapi tetap saja, penurunan energi dan fokus tetap dialami. Sebenarnya ini normal, dikenal sebagai jam internal tubuh atau ritme sirkadian. Ritme sirkadian ini, secara alami menurun pada sore hari. Nah, penurunan tersebut memicu pelepasan melatonin, hormon yang mendorong tidur, dan membuat kita mengantuk, letih, dan lemah.

Makan siang juga berpengaruh pada penurunan energi pada sore hari. Terutama jika makan siang tinggi karbohidrat dan gula olahan. Penting pula mendapatkan tidur malam supaya memperkecil kemungkinan mengalami kemerosotan energi pada sore hari. Cara mengatasi energi melemah pada sore hari tanpa minum kopi, berikut langkah-langkahnya.

1. Tetap terhidrasi

Minum banyak air sepanjang hari, penting supaya tubuh tetap terhidrasi sekaligus menjaga tingkat energi. Anda bisa menambahkan campuran pada minuman segar Anda. Misalnya, membuat potongan buah dalam air mineral dingin.

cara mengatasi energi melemah jelang sore hari tanpa minum kopi
Ilustrasi cara mengatasi energi melemah jelang sore hari tanpa minum kopi (Freepik/master1305)

2. Gerakkan tubuh secara teratur

Duduk di satu tempat terlalu lama, membuat tubuh terasa kaku dan melelahkan. Maka bergeraklah secara teratur untuk menjaga aliran darah dan membantu menghilangkan rasa kantuk. Biasakan untuk berdiri, meregangkan tubuh, atau berjalan setiap satu jam duduk.

3. Mempraktikkan mindfulness

Mindfulness ialah latihan kesadaran, bisa dilakukan dengan meditasi atau fokus terpusat. Ini juga membantu Anda tetap tenang dan meningkatkan energi saat sore hari. Bahkan bernapas dalam-dalam selama beberapa menit bisa membantu menyegarkan tubuh, melansir Calm, Kamis, 22 Februari. Dalam bermeditasi, Anda juga bisa latihan pernapasan dengan penuh kesadaran.

4. Prioritaskan tidur malam

Kemerosotan energi pada sore hari, bisa merupakan dampak kurang tidur pada malam hari sebelumnya. Maka penting untuk mulai memprioritaskan tidur malam. Penting pula diketahui, orang dewasa disarankan tidur nyenyak antara 7-9 jam setiap malam.

cara mengatasi energi melemah jelang sore hari tanpa minum kopi
Ilustrasi cara mengatasi energi melemah jelang sore hari tanpa minum kopi (Freepik)

5. Melangkah ke bawah sinar matahari

Seperti yang direkomendasikan di atas, berjalan-jalan bisa jadi pilihan tepat meningkatkan energi pada sore hari tanpa minum kopi. Usahakan melangkah ke area yang terkena sinar matahari.

6. Dengarkan musik yang membangkitkan semangat

Musik dapat meningkatkan semangat Anda dan memberikan dorongan energi dengan cepat. Anda bisa memutar musik yang bersemangat sambil bernyanyi.

7. Kunyah permen karet atau apel

Mengunyah dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan memberikan dorongan energi dengan cepat. Kalau tak mungkin mengunyah permen karet less sugar, bisa juga makan apel. Kalau permen karet, pilih yang rasa peppermint karena termasuk penambah energi.

8. Tidur sebentar

Power nap singkat selama 10-20 menit dapat menyegarkan dan membantu mengisi ulang tenaga Anda yang tersisa hari itu. Terkadang, yang dibutuhkan dalam mengatasi energi melemah pada sore hari adalah pengaturan ulang, yaitu dengan tidur sebentar.

9. Ubah pemandangan

Terkadang kemerosotan energi pada sore hari karena bosan. Untuk menyegarkan kembali, cobalah pindah ruangan. Pilih ruangan dengan pemandangan berbeda, ini selain menyegarkan pikiran juga membantu meringankan “kabut sore”.

Itulah cara mengatasi melemahnya energi pada sore hari tanpa minum kopi. Penting diingat, kalau Anda minum kopi pertimbangkan jarak waktu sebelum tidur malam nanti. Jangan sampai minum kopi terlalu mepet dengan jam tidur dan menggagalkan usaha Anda memejamkan mata sehingga tidak mendapatkan tidur malam berkualitas.