6 Manfaat Minum Air Lemon Tiap Hari untuk Kulit, Salah Satunya Bisa Lawan Kerusakan Akibat Radikal Bebas
Ilustrasi (Ksenia Chernaya/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Minum air lemon setiap hari sering disebut-sebut sebagai cara sederhana namun efektif meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Tapi, tahukah Anda manfaatnya lebih dari sekadar kesehatan internal sebab air lemon juga dapat memberikan keajaiban bagi kulit Anda. Dikemas dengan vitamin C, antioksidan, dan nutrisi lainnya, air lemon menawarkan banyak khasiat peningkat kulit yang dapat membantu Anda mendapatkan kulit bercahaya.

Berikut penjelasan lebih rinci mengenai manfaat minum air lemon setiap hari bagi kulit, dilansir dari Times of India, Kamis, 22 Februari.

Meningkatkan produksi kolagen

Vitamin C memainkan peran penting dalam sintesis kolagen, yang penting untuk menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Dengan meminum air lemon secara teratur, Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Sehingga mendukung produksi kolagen dan membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Meningkatkan hidrasi

Hidrasi yang tepat adalah kunci menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. Air lemon memberikan hidrasi sekaligus memberi nutrisi penting pada tubuh Anda. Dengan tetap terhidrasi, Anda dapat membantu kulit mempertahankan kelembapan, sehingga kulit menjadi lebih halus dan kenyal.

Mendetoksifikasi tubuh

Lemon dikenal karena sifat detoksifikasinya, berkat senyawa seperti asam sitrat dan antioksidan. Minum air lemon dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh, yang dapat membuat kulit lebih bersih dan bebas noda. Dengan menghilangkan zat berbahaya, Anda dapat mendukung proses detoksifikasi alami kulit dan membuat kulit menjadi lebih cerah.

Menyeimbangkan tingkat pH

Lemon memiliki efek alkali pada tubuh meskipun sifatnya asam. Mengonsumsi air lemon dapat membantu menyeimbangkan kadar pH tubuh sehingga bermanfaat bagi kesehatan kulit secara keseluruhan. Keseimbangan pH yang optimal dapat membantu mencegah jerawat dan masalah kulit lainnya, sehingga kulit dapat berfungsi secara maksimal.

Melawan kerusakan akibat radikal bebas

Antioksidan yang ditemukan dalam lemon membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas, yang merupakan penyebab utama penuaan dini dan kulit kusam. Dengan menetralkan radikal bebas. Air lemon dapat membantu melindungi kulit Anda dari penyebab stres lingkungan dan kerusakan akibat sinar UV, sehingga menghasilkan kulit yang lebih muda dan bercahaya.

Mencerahkan kulit

Konsumsi air lemon secara teratur dapat memberikan kilau alami pada kulit Anda. Vitamin C membantu mencerahkan kulit dengan mengurangi produksi melanin, pigmen yang bertanggung jawab atas bintik hitam dan hiperpigmentasi. Hasilnya, meminum air lemon dapat membantu meratakan warna kulit dan membuat kulit menjadi lebih cerah seiring berjalannya waktu.