Cara Kerja Obat Sakit Gigi Semprot, Cara Pakai, dan Rekomendasinya
Ilustrasi obat semprot (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam dunia medis dan kesehatan, Obat sakit gigi semprot adalah salah satu obat untuk menghilangkan nyeri di gigi yang digunakan dengan cara disemprot (spray). Obat ini tidak begitu familiar di Indonesia sehingga banyak yang belum tahu khasiat dan cara kerja obat sakit gigi semprot secara umum.

Cara Kerja Obat Sakit Gigi Semprot

Obat sakit gigi semprot berbentuk cair dan dikemas dalam bentuk botol spray berukuran kecil. Obat ini biasanya dipilih dengan berbagai alasan, misalnya karena penderita sulit menelan obat atau karena kepraktisan obat itu sendiri.

Secara fungsi obat ini sama dengan obat gigi biasa yakni mengurangi hingga meredakan nyeri yang dipicu oleh luka atau radang di area gigi dan gusi.

Cara kerja obat sakit gigi semprot adalah yakni ketika obat ini disemprotkan ke area gusi yang bengkak atau nyeri, anestesi lokal akan membuat rasa nyeri jadi berkurang. Anestesi ini akan bekerja 15 hingga 30 detik setelah disemprotkan. Biasanya penggunaan obat ini juga akan membuat mulut mati rasa sekejap.

Cara Pakai Obat Sakit Gigi Spray

Cara menggunakan obat sakit gigi semprot sangat mudah dan praktis. Meski demikian tidak disarankan untuk dipakaikan kepada anak-anak. Berikut ini cara menyemprotkan obat sakit gigi spray.

  • Kocok obat lebih dulu agar zat saling bercampur
  • Setelah itu semprotkan obat dengan jarak 5 cm dari target semprot. Jika sulit, Anda bisa menyemprotkannya ke kapas atau ke tangan lalu oleskan ke bagian yang sakit.
  • Penyemprotan cukup dilakukan sebanyak satu kali atau secukupnya.
  • Tunggu selama satu menit
  • Muntahkan air liur yang telah bercampur dengan obat
  • Hindari menelan obat semprot agar tak terjadi masalah kesehatan lain.

Obat Sakit Gigi Semprot yang Bisa Dibeli di Apotik

Obat sakit gigi semprot saat ini bisa dibeli di apotik dengan berbagai merk dan harga. Berikut ini beberapa obat sakit gigi spray yang bisa dibeli.

  1. Betadine Throat Spray

Betadine Throat Spray tidak hanya digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan, namun juga membantu mengurangi nyeri karena sakit gigi atau karena pembengkakan di gusi. Obat ini mengandung povidone iodine yang dapat membasmi sel kuman penyebab sakit gigi.

  1. Cooling 5 Plus Orange Spray

Tidak hanya meredakan sakit gigi, Cooling 5 Plus Orange Spray juga membantu mengobati sariawan hingga radang gusi yang disertai pembengkakan. Obat ini mengandung phenol dan benzocaine. Cooling 5 Plus Orange Spray ini cukup populer dipakai oleh masyarakat.

  1. Frezza Medicated Mouth Ulcer Spray

Frezza Medicated Mouth Ulcer Spray mampu menyembuhkan sariawan dan meredakan rasa nyeri di area gigi dan gusi. Obat ini mengandung hyaluronic acid dan ekstrak lidah buaya.

Masyarakat juga disarankan untuk mengetahui cara mengatasi gigi berlubang yang sakit terus menerus tanpa mengandalkan obat.

Itulah informasi terkait cara kerja obat sakit gigi semprot. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.