7 Resolusi dalam Hubungan Romantis yang Patut Dipertahankan
Ilustrasi resolusi dalam hubungan romantis yang patut dipertahankan (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak pasangan menyusun rencana berdua dengan kekasihnya untuk membangun hubungan romantis lebih menyenangkan lagi pada awal tahun. Kalau Anda dan pasangan termasuk, apakah memiliki resolusi untuk setahun ke depan? Menurut profesor kesehatan komunikasi dalam keluarga Kory Floyd, Ph.D., penting mempertahankan resolusi berikut ini bagi pasangan romantis.

1. Bermain bersama

Dalam serangkaian eksperimen yang dilakukan psikolog Art Aron dan rekannya, menunjukkan bahwa pasangan yang melakukan aktivitas mengasyikkan dan menggembirakan bersama-sama, mengalami peningkatan dalam rasa kedekatan dan kepuasan hubungan. Namun tidak sembarangan atkivitas bisa dilakukan. Itu artinya pasangan perlu “bermain” bersama dengan cara membangkitkan gairah fisik, saran Aron.

2. Buat lebih banyak lelucon

Orang yang memiliki hubungan jangka panjang dan merasa puas dengan hubungannya berumur lebih panjang. Humor jadi salah satu kuncinya. Bagi orang-orang, humor bermanfaat membantu menghilangkan stres, meredakan ketegangan yang mengarah pada konflik, dan memungkinkan mengemukakan topik sulit untuk didiskusikan atau tidak.

resolusi dalam hubungan romantis yang patut dipertahankan
Ilustrasi resolusi dalam hubungan romantis yang patut dipertahankan (Freepik)

3. Belajar mendengarkan

Mendengarkan adalah keterampilan yang penting dimiliki. Tidak hanya mendengarkan secara pasif, tetapi mendengarkan juga memahami serta merespons dengan tepat dan efektif. Keterampilan ini lebih sulit, namun dapat dipelajari secara konsisten.

4. Lebih sering mengatakan saling cinta

Resolusi berasal dari laboratorium Floyd, dilansir Psychology Today, Selasa, 20 Januari. Ia menemukan bahwa menerima dan mengungkapkan pesan kasih sayang meningkatkan kedekatan dan kesehatan hubungan. Jika Anda menjadi seorang penyayang, ungkapkan lebih sering dengan cara yang Anda rasa paling nyaman.

5. Temukan keyakinan

Penelitian menunjukkan bahwa pasangan yang menjalankan keyakinan agama lebih puas dan lebih berkomitmen pada hubungan mereka dibandingkan pasangan yang tidak menjalankan keyakinan agama. Artinya, apapun tradisi agama yang dilakukan, pertimbangkan untuk membangun dan memperbarui ikatan dengan komunitas agama di sekitar Anda dan pasangan.

6. Batasi mengakses gawai

Teknologi komunikasi merupakan anugerah untuk menjaga hubungan sosial, namun dapat mengganggu hubungan intim. Penelitian baru menunjukkan, kehadiran gawai pintar saat percakapan bertatap muka mengurangi kepuasan terhadap percakapan tersebut. Oleh karena itu, resolusi untuk membatasi akses gawai selama bersama pasangan penting untuk dipertahankan.

7. Saling memaafkan

Bagi banyak orang, memaafkan adalah hal yang sulit. Meski terkadang saling menyakiti baik disengaja atau tidak, memaafkan penting dilakukan. Daripada menahan kekecewaan yang semakin ditahan semakin menyakitkan, lebih baik saling memaafkan.

Ketujuh resolusi dalam hubungan romantis di atas mungkin tidak relevan bagi Anda dan pasangan. Tetapi setidaknya dipertahankan untuk menjadikan tahun baru sebagai momen bahagia dan mendukung kesejahteraan ke depannya.