5 Tips Menghilangkan Dagu Berlipat atau <i>Double Chin</i> secara Alami
Ilustrasi tips menghilangkan dagu berlipat atau double chin secara alami (Freepik/8photo)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dagu berlipat atau populer dikenal dengan sebutan double chin menghilangkan garis rahang. Garis bagian bawah wajah yang tak lagi tegas ini, mungkin membuat resah. Dagu berlipat kerap dikaitkan dengan kelebihan lemak tubuh. Tetapi bagi Anda yang memiliki berat badan normal, sangat mungkin memiliki tumpukan lemak di dagu. Selain disebabkan faktor genetik, double chin juga bisa disebabkan lemahnya otot leher atau platysma.

Dagu berlipat juga bisa dipicu postur tubuh yang buruk, pembengkakan karena kondisi medis, dan obesitas. Meskipun penting mengidentifikasi penyebab munculnya double chin, Anda tak perlu stres. Di samping penting periksa kesehatan secara rutin ke dokter, kenali tips menghilangkan dagu berlipat atau double chin secara alami berikut ini.

1. Latihan dagu

Latihan dagu dikenal pula dengan yoga wajah. Beberapa pakar merekomendasikan sejumlah gerakan. Termasuk pendiri FaceGym, Inge Theron, dilansir Women’s Health, Senin, 29 Januari. Theron merekomendasikan latihan dagu rutin pada pagi dan sore hari. Masing-masing gerakan perlu dilakukan sebanyak sepuluh kali.

Gerakan latihan pertama disebut the thinker, dilakukan dengan mengepalkan tangan dan letakkan dagu di atasnya seolah-olah sedang merasakan beban. Sementara, kepalan tangan seperti tinju menyangga mulut yang dibuka lalu ditutup selama sepuluh kali.

tips menghilangkan dagu berlupat atau double chin secara alami
Ilustrasi tips menghilangkan dagu berlipat atau double chin secara alami (Freepik/8photo)

Latihan ke dua, disebut chin press up, dilakukan dengan membuat huruf V dengan kedua tangan, lalu sandarkan dagu ke tangan. Gerakkan bibir ke arah atas dan tahan selama 5 menit. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali. Latihan selanjutnya, gerakkan tangan ke kedua sisi dagu dengan panjang jari menutupi telinga, dan ucapkan bunyi 'eeeee' dengan mulut sebanyak 10 kali.

2. Gua Sha

Gua Sha adalah ritual kuno, yang merupakan cara bagus dalam memberikan pijatan limfatik. Melansir InStyle, gua sha bisa dilakukan dengan gosok alat ke arah atas dan ke luar leher untuk memaksimalkan sirkulasi. Dengan pijatan lembut, kulit akan terasa nyaman terutama saat bengkak. Cara ini juga membantu membentuk fitur wajah dan melepaskan ketegangan yang tersimpan di otot wajah.

3. Oleskan produk skincare untuk menjaga kulit leher tetap kencang

Dokter Sophie Shotter mengatakan, tidak ada produk skincare satu pun yang bisa mengatasi double chin. Tetapi tak ada salahnya menjaga kulit leher tetap kencang. Penting diketahui, kulit leher lebih tipis dan menua lebih cepat dibandingkan kulit bagian lain. Itu artinya menjaga kulit leher tetap kencang, dapat membantu penampilan leher tetap terjaga dan efeknya bantalan lemak tidak terlalu banyak turun.

4. Jaga pola makan

Pola makan yang baik dapat menjadi salah satu komponen pendekatan komprehensif dalam mengurangi munculnya double chin. Terutama jika dagu berlipat disebabkan penambahan berat badan dan akibat dari penumpukan lemak berlebih di bawah dagu. Meskipun pola makan saja tidak cukup efektif menghilangkan dagu berlemak, ini tetap saja berkontribusi pada penurunan berat badan Anda. Diet makan sehat, juga perlu dibarengi dengan tips menghilangkan double chin secara alami sejanjutnya.

5. Rutin olahraga

Olahraga berperan mengurangi dagu berlipat. Namun penting melakukan olahraga dengan kombinasi yang pas sesuai apa yang ditargetkan. Misalnya, kalau double chin disebabkan berat badan berlebih, maka targetnya adalah penurunan berat badan. Selain olahraga rutin, penting diimbangi dengan menjaga pola makan sehat, gaya hidup sehat, dan istirahat cukup. Kombinasi yang perlu seimbang, yaitu olehraga kardio yang efektif menurunkan berat badan dan pembentukan yang berperan dalam membentuk massa otot.

Itulah kelima tips menghilangkan dagu berlipat atau double chin secara alami. Cara di atas, perlu dilakukan berkelanjutan. Artinya, mendapatkan dagu dengan rahang tegas tanpa lipatan lemak tidak bisa didapatkan dalam waktu semalam.