4 Jus Sayur untuk Balita dan Resep Membuatnya, Moms Wajib Tahu
jus sayur untuk balita (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Memberikan asupan pada bayi seringkali cukup membingungkan bagi sebagian orang tua. Parents perlu memilih makanan yang baik dan aman dikonsumsi oleh anak-anak yang masih balita. Salah satu rekomendasi makanan untuk bayi adalah sayuran yang dibuat jus. Lantas apa saja sayur untuk balita yang bisa dipilih orang tua?

Sayuran dan buah-buahan menjadi jenis makanan yang dianjurkan sebagai asupan untuk bayi. Nutrisi pada sayuran sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Namun terkadang orang tua menghadapi masalah bayi enggan makan sayuran. Tidak sedikit bayi yang menolak makan sayuran hingga memuntahkannya. 

Salah satu solusi untuk menyiasati masalah tersebut adalah mengolah sayuran menjadi jus untuk asupan bayi. Dengan tekstur jus yang lembut, maka bayi akan lebih suka dan mau mengonsumsi sayuran. Oleh karena itu, orang tua perlu tahu jus sayur untuk balita dan cara mengolahnya. 

Rekomendasi Jus Sayur untuk Balita

Jus sayur bisa menjadi makanan alternatif bagi bayi karena mengandung banyak nutrisi yang mudah diterima atau dikonsumsi bagi anak-anak balita. Bagi Anda yang sedang mencari makanan untuk si kecil, berikut ini rekomendasi jus sayur untuk balita:

Jus Tomat, Wortel, dan Seledri

Salah satu resep jus yang disarankan untuk diberikan pada anak bayi adalah jus tomat, wortel, dan seledri. Anak-anak biasanya suka mengonsumsi tomat yang diolah lembut, namun kurang suka tomat segar meski memiliki banyak nutrisi seperti vitamin C dan kandungan antioksidan. 

Supaya si kecil mau melahap sayuran tomat, Anda bisa mengolahnya menjadi jus yang lembut. Anda bisa membuat jus tomat dengan kombinasi kurang wortel dan seledri. Cukup dengan menyiapkan 5 buah tomat matang, 2 wortel, dan seledri satu batang. Jus ini cocok dan aman dikonsumsi bayi karena tekstur lembut dan rasanya manis serta menyegarkan. 

Jus Wortel, Apel, dan Jeruk

Pilihan resep jus sayur lainnya yang bisa jadi asupan untuk bayi adalah jus wortel, apel, dan jeruk. Wortel memiliki berbagai nutrisi seperti vitamin A, nutrisi, beta karoten, dan lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun seringkali anak-anak tidak suka makan wortel. 

Apabila anak Anda tidak doyan makan wortel, Anda bisa mengolahnya menjadi jus supaya si kecil mau mengonsumsi. Anda bisa membuat jus wortel dengan kombinasi buah yang asam seperti jeruk dan apel. Cara membuat jus ini sangat mudah, yakni siapkan dua buah wortel, 1 apel, dan 1 jeruk. 

Gunakan juicer untuk mengolah dua buah wortel berukuran sedang dengan masing-masing sebutir jeruk dan apel. Anda bisa menambahkan sedikit jahe mengikuti selera anak Anda. Jus ini memiliki rasa manis alami yang akan membuat si kecil doyan dan ketagihan mengonsumsi.

Jus Bayam, Pir, dan Stroberi

Pilihan resep jus sayur lainnya yang bisa dipilih oleh orang tua adalah jus bayam, pir, dan stroberi. Tidak sedikit anak-anak yang kurang suka makan sayuran berdaun hijau, seperti bayam. Anak bayi memang biasanya tidak suka makanan yang rasanya hambar. 

Padahal sayur bayam mengandung vitamin K dan kalsium yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang serta gigi anak. Selain itu, bayam juga menyimpan serat tinggi yang berperan melancarkan sistem pencernaannya. Agar si kecil doyan mengonsumsi sayuran ini, Anda bisa mengolahnya menjadi jus lembut. 

Anda bisa membuat jus bayam dengan kombinasi campuran buah pir dan stroberi. Cara mengolahnya tinggal mencampurkan bayam yang sudah direbus sebentar dengan satu pir beberapa butir stroberi sesuai selera. Tambahkan juga setengah perasan air lemon untuk memberikan aroma segar.

Jus Wortel, Pir, Jeruk

Rekomendasi jus sayur untuk bayi yang juga bisa dipilih oleh orang tua adalah jus wortel, pir, dan jeruk. Jus sayur ini dapat Anda berikan kepada anak untuk memenuhi kebutuhan asupan vitamin A dan vitamin C. 

Olahan jus wortel, pir, dan jeruk mampu menghasilkan rasa yang nikmat. Cara membuatnya sangat mudah, yakni menyiapkan dua wortel, satu jeruk, dan satu buah pir. Kombinasi sayur dan buah-buahan ini memiliki banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan si kecil.

Demikianlah beberapa jus sayur untuk balita yang bisa dibuat oleh orang tua di rumah. Anda bisa membuat salah satu resep olahan jus sayur di atas supaya si kecil tetap mendapat asupan nutrisi yang tercukupi. Baca juga tips memilih mainan yang aman untuk anak

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.