6 Amalan Bulan Rajab yang Bisa Dilakukan untuk Mengumpulkan Pahala Berlimpah
Amalan bulan Rajab (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bulan Rajab menjadi salah satu bulan mulia bagi umat muslim di seluruh dunia. Dalam penanggalaman Masehi, bulan Rajab 1445 atau tahun ini akan dimulai tanggal 13 Januari 2024. Ada banyak amalan bulan Rajab yang bisa dijalani umat Islam untuk mendapatkan pahala. 

Pada bulan Rajab, umat Muslim dianjurkan untuk berlomba-lomba melakukan amalan-amalan. Banyak umat Islam menyabut bulan kini karena penuh dengan keberkahan seperti bulan Ramadhan dan Sya’ban. Lantas apa saja amalan bulan Rajab yang bisa dijalani oleh umat Muslim?

Daftar Amalan Bulan Rajab

Ketika bulan Rajab, semua pahala kebaikan akan dicatat oleh malaikat dan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Setiap malam Rajab adalah malam milik Allah sehingga Allah bakal memberikan ampunan kepada hamba-Nya yang memohon ampun. 

Meski tidak ada hadis khusus yang menyampaikan mengenai amalan khusus di bulan Rajab seperti yang diajarkan oleh Rasulullah, tetapi sebagai umat Muslim dianjurkan untuk menambah dan memperbanyak amalan-amalan baik dan ibadah di bulan Rajab. 

Berikut ini sejumlah amalan sunnah yang bisa dilakukan di bulan Rajab sebagai bulan yang istimewa bagi umat muslim:

Sholat Sunnah

Bulan Rajab adalah kesempatan bagi umat Islam untuk meningkatkan dan memperbanyak ibadah. Salah satu amalan yang bisa dijalani adalah sholat sunnah, yang terdiri dari sholat dhuha, sholat sunnah rawatib, sholat dan qiyamul lail. 

Sebenarnya anjuran untuk sholat sunnah rawatib tidak hanya di bulan Ramadan saja. Rasulullah memang memberi contoh agar umat Islam melakukan sholat sunnah rawatib secara rutin. 

Ajakan ini seperti yang disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu’Alaihi wa Sallam dalam hadis berikut:

"Barangsiapa sehari semalam mengerjakan shalat 12 rakaat (sunnah rawatib) akan dibangunkan rumah di surga yaitu 4 rakaat sebelum Zuhur, 2 rakaat setelah Zuhur, 2 rakaat setelah Magrib, 2 rakaat setelah Isya dan 2 rakaat sebelum Subuh" (HR. At Tirmidzi dan An Nasa'i).

Puasa Sunnah

Puasa sunnah juga menjadi amalan baik yang bisa dilakukan umat muslim di bulan rajab. Meskipun tidak ada penjelasan hari khusus untuk menjalani puasa di bulan Rajab, namun puasa sunah seperti Senin dan Kamis bisa menjadi amalan di bulan istimewa ini. 

Hadis riwayat Imam Al Ghazali menjelaskan bahwa puasa Rajab bisa dilakukan saat hari-hari utama saja di bulan Rajab, sebagaimana dalam hadist berikut ini:

وأما ما يتكرر في الشهر فأول الشهر وأوسطه وآخره ووسطه الأيام البيض وهي الثالث عشر والرابع عشر والخامس عشر وأما في الأسبوع فالإثنين والخميس والجمعة فهذه هي الأيام الفاضلة فيستحب فيها الصيام وتكثير الخيرات لتضاعف أجورها ببركة هذه الأوقات

Artinya: "Hari utama dianjurkan puasa pada setiap pergantian bulan, yaitu hari awal, pertengahan, dan akhir bulan. Pertengahan bulan adalah ayyamul bidh, yaitu tanggal 13, 14, dan 15. Sementara (hari utama dianjurkan puasa) pada setiap pergantian pekan, yaitu Senin, Kamis, Jumat. Itu semua hari-hari utama yang dianjurkan untuk diisi dengan puasa dan memperbanyak amal baik lainnya karena kelipatan ganjarannya sebab keberkahan waktu utama tersebut."

Zikir

Amalan bulan Rajab lainnya yang bisa dijalani oleh umat Muslim adalah berzikir. Pada bulan penuh kemuliaan ini, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak zikir. Zikir adalah cara sederhana untuk selalu mengingat Allah dan menghindarkan diri dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar. 

Zikir juga bermanfaat untuk membuat hati merasa tenteram, sebagaimana yang termuat dalam Al-Quran: Ingatlah hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram. (QS Ar Ra'd: 28).

Bersedekah

Umat muslim juga dianjurkan untuk menunaikan sedekah saat bulan Rajab. Allah menyukai hambanya yang kerap bersedekah. Malaikat akan mendoakan orang-orang yang bersedekah setiap hari. 

Meski bersedekan dianjurkan untuk dilakukan kapan saja dan di mana saja, sedekah di bulan Rajab merupakan waktu yang baik. Anjuran mengenai pentingnya bersedekah bagi umat Muslim termuat dalam Al-Quran: 

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Sholawat Nabi

Umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Rasulullah bersabda: Barang siapa yang bersholawat kepadaku satu kali, Allah akan bersholawat kepadanya sepuluh kali. (HR. Muslim).

Rasulullah SAW juga mengajak umat muslim untuk banyak-banyak melakukan sholawat kepadanya ketika hari Jumat. Sebagaimana Rasullulah bersabda: Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah sholawat kepadaku di dalamnya, karena sholawat kalian akan ditunjukkan kepadaku. (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah dan An-Nasa'i).

Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran juga menjadi salah satu amalan baik di bulan Rajab yang bisa dijalani umat Muslim. Selain mendapatkan ganjaran pahala, membaca Al-Quran juga bisa membuat hati merasa tenang dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Pahala yang didapat oleh orang yang membaca Al-Quran dijelaskan dalam sebuah hadis, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: "Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitab Allah maka baginya satu kebaikan, sedangkan kebaikan dilipatgandakan sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan Alif-laam-miim satu huruf, tapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf," HR. At Tirmidzi.

Demikianlah sejumlah amalan bulan Rajab yang bisa dilakukan oleh umat Muslim untuk memperbanyak pahala dan mendekatkan diri kepada Allah. Setiap umat Islam dianjurkan untuk berlomba-lomba dalam menunaikan kebaikan di bulan apapun. Baca juga jadwal puasa sunnah Januari 2024

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.