5 Jenis Teh yang Bikin Tidur Lebih Nyenyak, Ampuh Atasi Insomnia
Jenis teh yang bikin tidur nyenyak (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Teh herbal tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, namun juga bisa membantu Anda bisa tidur lebih berkualitas. Minuman ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang kerap mengalami insomnia atau sulit beristirahat di malam hari. Lantas apa saja jenis teh yang bikin tidur lebih nyenyak?

Mengonsumsi teh herbal menjadi salah satu cara untuk mengatasi gangguan tidur. Teh ini sangat disarankan untuk minuman bagi pekerja yang kerap lembur atau orang yang memiliki siklus tidur tidak seimbang. Ketahui beberapa jenis teh yang bikin tidur nyenyak sehingga waktu istirahat lebih berkualitas. 

Jenis Teh yang Bikin Tidur Nyenyak

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa teh herbal mempunyai banyak kegunaan baik untuk kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Teh herbal bermanfaat untuk mengatasi masalah tidur, stres, hingga gangguan kecemasan. 

Berikut ini beberapa jenis teh yang bisa membuat tidur lebih nyenyak saat malam hari:

Teh Valerian

Salah satu jenis teh herbal yang bisa Anda jadikan pilihan minuman adalah teh valerian. Teh ini terbuat dari tanaman yang dikenal mampu mengatasi gangguan tidur, terutama yang berkaitan dengan sistem saraf. Jenis teh ini ada yang berbentuk teh minum dan suplemen. 

Selain itu, ada juga akar tanaman valerian yang diseduh sebagai campuran teh. Tanaman ini memiliki kandungan anxiolytic dan anti-inflamasi yang dipercaya bisa membantu melemaskan saraf dan meningkatkan kualitas tidur. Anda bisa meminum teh ini sebelum tidur agar terbebas dari insomnia. 

Teh Chamomile

Jenis teh herbal lainnya yang dapat membantu tidur lebih nyenyak adalah teh chamomile. Seduhan teh ini terbuat dari salah satu keluarga bunga aster yang memang diolah menjadi obat untuk mengatasi insomnia. Teh bunga chamomile memang terkenal memiliki khasiat untuk membuat tubuh lebih rileks. 

Berdasarkan penelitian, teh ini bisa memberikan efek menenangkan karena adanya antioksidan yang disebut apigenin. Apigenin berkaitan dengan reseptor spesifik di otak yang mampu untuk meringankan gangguan kecemasan. Jadi tak hanya dapat meningkatkan kualitas tidur, minuman ini juga bisa mengurangi stres dan kecemasan. 

Teh Bunga Lavender

Teh bunga lavender juga termasuk jenis teh yang bisa membuat tidur lebih nyenyak saat malam hari. Teh yang terbuat dari bunga lavender ini memiliki aroma yang sedap dan sering dimanfaatkan sebagai aromaterapi. Minuman ini dipercaya mampu menenangkan saraf, mengatasi insomnia, dan mengurangi kegelisahan. 

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa teh lavender terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur ketika seseorang mengalami gangguan kecemasan. Bagi Anda yang mengalami masalah tersebut, disarankan untuk mengonsumsi teh ini sebelum tidur. Tanaman dan minyak esensial dari lavender memiliki efek positif untuk sistem saraf, sehingga mampu mengatasi insomnia. 

Teh Peppermint

Teh peppermint merupakan jenis teh herbal yang tidak mengandung kafein sehingga aman diminum sebelum tidur. Selain itu, kandungan peppermint juga bisa membantu pelemasan otot untuk membuat lebih rileks sebelum terlelap. Minuman ini dipercaya dapat membuat tidur lebih nyenyak dan terasa tenang. 

Selain membantu mengatasi insomnia, teh peppermint juga cocok diminum ketika sulit fokus, sakit kepala, hingga mengalami masalah pencernaan. Teh ini memiliki banyak manfaat untuk mengatasi masalah kesehatan fisik hingga mengurangi tingkat stres. 

Teh Passion Flower

Teh passion flower terbuat dari sejenis bunga yang memiliki khasiat untuk menenangkan sistem saraf. Teh ini bisa dijadikan pilihan untuk minuman yang membantu tidur lebih nyenyak. Seduhan teh ini diyakini bersifat menenangkan, sehingga dapat mengendalikan depresi, stres, dan ketidakseimbangan emosional lainnya. 

Passion flower juga mengandung anxiolytic, analgesic, dan antispasmodic. Ketiga sifat tersebut memiliki kegunaan untuk mengurangi ketegangan fisik maupun mental. Jadi teh ini sangat direkomendasikan sebagai minuman sebelum tidur. 

Demikianlah rekomendasi jenis teh yang bikin tidur lebih nyenyak. Bagi Anda yang mengalami gangguan tidur atau kerap insomnia maka bisa mengonsumsi salah satu jenis teh herbal di atas. Baca juga khasiat teh bawang putih bagi kesehatan.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.