7 Aturan Bergaya <i>Timeless Fashion</i> untuk Tampil Menawan Meski Nggak Mengikuti Tren
Ilustrasi aturan bergaya timeless fashion untuk tampil menawan meski nggak mengikuti tren (Freepik/wayhomestudio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Selera dalam berpakaian tak melulu harus selaras dengan tren fashion yang populer saat itu. Anda bisa memakai gaya berpakaian 20 atau 30 tahun lalu, tetapi tetap bisa tampil menawan. Gaya berpakaian yang tidak dibatasi waktu, atau dikenal dengan timeless fashion, bisa diterapkan dalam cara berbusana Anda sehari-hari. Kenali berikut ini, aturan dan kunci tampil menawan meski nggak mengikuti tren.

1. Tidak fokus pada tren

Mengenakan potongan dan kombinasi pakaian yang tidak pernah ketinggalan jaman, membuat penampilan Anda tidak terasa dipaksakan. Misalnya, memadukan atasan turtleneck warna hitam dengan celana jeans potongan lurus dilengkapi sepatu bot sepergelangan kaki. Gaya timeless fashion ini, bisa Anda amati secara detail. Sejumlah potongan pakaian, tidak pernah kedaluwarsa atau tak tergilas tren.

2. Menghindari ukuran oversized

Bukan berarti memakai busana yang fit atau pas dengan ukuran badan, tetapi potongan dan ukuran disesuaikan dengan badan. Tak masalah kebesaran satu nomor, tetapi tidak terlihat terlalu besar. Biasanya, dengan membeli ukuran busana yang tidak terlalu ketat, membuat pakaian bisa dipakai bertahun-tahun meskipun ukuran tubuh sedikit berubah.

aturan bergaya timeless fashion
Ilustrasi aturan bergaya timeless fashion untuk tampil menawan meski nggak mengikuti tren (Freepik)

3. Sepatu klasik tetap jadi koleksi

Sepatu klasik tetap bisa dipadukan dengan format gaya apapun. Anda bisa tampil kekinian dengan memadukan kemeja polos, celana jeans, dipadukan dengan sepatu klasik. Melansir Who What Wear, Senin, 8 Januari, sepatu klasik, diantaranya sepatu pantofel, sepatu bot Chelsea, dan sepatu hak tinggi dengan aksen klasik.

4. Memformulasikan pakaian yang cocok

Paling penting yang perlu Anda kenali, adalah formula gaya pakaian yang cocok Anda pakai. Bagi orang yang memiliki formula pakaian yang cocok untuk dikenakan, tidak akan pernah merasa tidak memiliki pakaian yang dipakai pada saat-saat menjelang menghadiri acara penting. Lebih penting lagi, formula pakaian yang cocok untuk berbagai kesempatan selalu membuat mereka merasa percaya diri.

5. Tidak menggunakan aksesori berlebihan

Mengenakan terlalu banyak aksesori sekaligus dapat merusak penampilan. Bagi orang-orang yang lebih suka bergaya timeless fashion, suka tampil minimalis. Mereka memahami kalau aksesoris hanya untuk mempercantik pakaian mereka saja.

6. Berinvestasi pada outer

Outer bisa berulang kali digunakan dan pakaian ini yang pertama dilihat. Maka penting untuk berinvestasi outer untuk membangun penampilan menawan. Outer atau pakaian luar yang cantik dan serbaguna membuat pakaian apa pun terlihat lebih mahal dan serasi.

7. Hanya mengenakan apa yang cocok

Orang-orang yang bergaya timeless fashion, berpegang teguh pada apa yang cocok untuk mereka. Tentu saja mereka tahu apa yang membuat mereka nyaman, menawan, dan outfit apa saja yang cocok dikenakan.

Ketujuh aturan mengenakan timeless fashion di atas bisa Anda jadikan acuan. Anda tak harus selalu mengikuti tren dan menguras banyak uang untuk tampil menawan. Seperti yang dijelaskan di atas, gaya berbusana timeless merupakan cara sederhana dalam berpakaian namun tetap elegan.