3 Perbedaan Micellar Water dan Makeup Remover, Mana yang Lebih Efektif untuk Bersihkan Wajah?
Ilustrasi produk pembersih wajah (iStockPhoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Micellar water dan makeup remover adalah dua produk pembersih wajah yang kerap digunakan untuk membersihkan sisa riasan. Kendati fungsinya mirip, dua produk ini memiliki kandungan yang berbeda. Lantas, apa perbedaan micellar water dan makeup remover? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Perbedaan Micellar Water dan Makeup Remover

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa perbedaan micellar water dan makeup remover yang perlu Anda ketahui:

1. Kandungan

Micellar water adalah produk pembersih wajah berbahan dasar air. Micellar water yang bermakna kumpulan banyak molekul; terdiri dari air murni, humektan seperti gliserin, dan surfaktan ringan.

Adapun bahan utama makeup remover adalah campuran pelarut yang dapat berbasis air atau minyak.

Produk makeup remover berbasis minyak bahan utamanya menggunakan hidrokarbon, ester, atau minyak silikon. Produk pembersih wajah ini umumnya digunakan pada tahap pertama teknik double cleansing.

2. Fungsi

Telah disinggung di atas bahwa bahan utama micellar water adalah air murni, humektan dan surfaktan ringan.

Humektan adalah zat yang berfungsi untuk menarik air ke dalam kulit dan mengikat kelembapan pada kulit. Sementara surfaktan adalah senyawa kimia yang bertugas menghilangkan kotoran. Molekul surfaktan yang ringan bisa menarik air dan minyak. Hal inilah yang membuat micellar water dapat mengikat minyak pada kulit yang berkontak dengan molekul tersebut.

Selain membersihkan wajah, micellar water juga dapat menghidrasi kulit. Humektan seperti gliserin juga dapat mendorong perbaikan skin barrier kulit yang penting untuk menjaga hidrasi dan melindungi tubuh dari kerusakan lingkungan dan infeksi.

Micellar water sangat efektif untuk membersihkan riasan yang tipis. Akan tetapi, bila Anda memakai sunscreen dan makeup sedang hingga berat, micellar water tidak membersihkan wajah secara maksimal. Teksturnya juga sangat lembut sehingga tidak akan mengupas atau mengiritasi kulit ketika membersihkan wajah.

Sementara makeup remover dirancang untuk memastikan semua bekas riasan di wajah dapat terhapus hingga ke setiap pori-pori kulit. Tidak seperti micellar water, makeup remover dirancang untuk menghilangkan bekas warna, seperti warna foundation dan eye shadow.

3. Cara kerja

Cara kerja micellar water berkaitan dengan surfaktan yang terkandung di dalamnya. Molekul surfaktan mempunyai dua ujung. Ujung yang pertama menarik air dan ujung yang kedua menarik minyak. Artinya, sufaktan bisa menyatukan air dan minyak yang notabene tidak dapat bercampur.

Molekul surfaktan yang ada di dalam micellar water dapat menarik dan mengikat minyak yang berkontak dengannya. Dengan cara ini, molekul surfaktan bisa menarik bekas riasan dan menghilangkannya dari kulit.

Cara kerja micellar water berbeda dengan makeup remover yang berbasis minyak dan air. Makeup remover memiliki komponen minyak yang bekerja langsung pada riasan. Hal ini membuat makeup remover berbeda dengan pembersih wajah lainnya, di mana minyak diemulsi dengan air untuk membuat formula seperti krim.

Selain membersihkan sisa makeup, produk pembersih wajah yang satu ini juga dapat mengangkat kotoran dan sisa debu. Dengan menggunakan makeup remover, wajah bisa bersih lebih maksimal.

Demikian informasi tentang perbedaan micellar water dan makeup remover. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.