7 Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Atas Kulkas, Hindari Mulai Sekarang
Barang yang tidak boleh disimpan di atas kulkas (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bagian atas kulkas kerap digunakan untuk menaruh barang-barang. Daripada hanya menjadi ruang kosong, banyak orang memanfaatkannya untuk menyimpan berbagai barang. Namun perlu Anda tahu bahwa ada beberapa jenis barang yang tidak boleh disimpan di atas kulkas. 

Banyak orang memang punya kebiasaan menyimpan barang-barang di atas kulkas. Mereka melakukan hal ini karena lebih mudah dilihat dan diambil ketika membutuhkan barang tersebut. Namun ada beberapa barang yang tidak boleh disimpan di atas kulkas karena bisa menimbulkan risiko buruk terhadap lemari es Anda. 

Jenis Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Atas Kulkas

Ada beberapa barang yang justru bisa menimbulkan dampak buruk jika disimpan di atas kulkas. Barang-barang tersebut bisa saja menghalangi ventilasi alat yang memaksa kulkas bekerja lebih keras untuk memberikan udara dingin. 

Selain itu, ada juga beberapa jenis barang yang berisiko rusak jika hanya Anda letakkan di atas kulkas. Berikut ini beberapa jenis barang yang tidak boleh disimpan di atas kulkas yang perlu Anda ingat:

Obat-Obatan

Salah satu jenis barang yang dilarang disimpan di atas kulkas adalah obat-obatan, baik dalam bentuk tablet, cairan, dan inhaler. Semua jenis obat-obatan harus disimpan sesuai dengan petunjuk pada labelnya agar kondisinya bisa terjaga dengan aman. 

Obat-obatan yang ditaruh di atas kulkas bisa saja mengalami kerusakan karena terkena suhu ruangan dalam waktu lama dan suhu panas dari kulkas. Paparan panas dari kulkas bisa mempengaruhi kualitas obat dan menyebabkan penguraian obatnya. 

Peralatan Dapur 

Sebaiknya Anda tidak menyimpan peralatan dapur berukuran kecil di atas kulkas. Tidak sedikit orang yang sering meletakkan begitu saja peralatan memasak atau makan di atas kulkas, seperti menaruh oven, microwave, blender, dan lainnya. Padahal setiap tipe kulkas memiliki dapat topang yang berbeda-beda. 

Namun tidak disarankan menyimpan peralatan dapur di atas kulkas karena dikhawatirkan akan memberatkan kekuatan kulkas dalam menopangnya. Selain itu, sejumlah peralatan dapur juga bersifat mudah pecah. Saat Anda menaruhnya di atas kulkas dengan posisi yang cukup tinggi maka meningkatkan risiko barang tersebut terjatuh dan pecah. 

Barang Pecah Belah

Jenis benda lainnya yang tidak boleh disimpan di atas kulkas adalah barang pecah belah. Barang-barang yang dimaksud yakni yang terbuat dari kaca atau bahan mudah pecah, misalnya gelas dan piring, nampan keramik, teko, dan lainnya. 

Menaruh barang yang terbuat dari kaca, porselen, keramik, maupun bahan yang mudah pecah lainnya di atas kulkas sangat berisiko membuatnya terjatuh dan pecah. Pastikan Anda menyimpan benda-benda tersebut di tempat yang aman dari guncangan atau benturan. 

Kertas

Barang lainnya yang sebaiknya tidak Anda simpan di atas kulkas adalah kertas. Benda kertas yang dimaksud seperti buku masak, majalah lama, tumpukan kartu resep, dan jenis kertas lainnya. Meskipun terkesan sebagai barang yang ringan, namun tumpukkan buku yang banyak dapat membebani kulkas. 

Adanya tumpukan buku atau kertas di atas kulkas bisa menghalangi aliran udara yang dibutuhkan kulkas untuk bekerja secara efisien. Ketika aliran udaranya sedikit, maka kulkas menyedot lebih banyak energi untuk bekerja memberikan udara dingin. Kondisi ini tentu saja bisa menyebabkan rusak lama-kelamaan menjadi rusak dan membuat tagihan listrik membengkak. 

Tanaman Hias

Meski bisa memperindah ruangan, sebaiknya jangan letakkan tanaman hias di atas kulkas. Namun ada beberapa tanaman hias yang mungkin masih bisa Anda letakkan di atas kulkas dengan memperhatikan dimensi, bobot, dan jenis tanamannya. 

Beberapa jenis tanaman tidak cocok ditaruh di atas kulkas karena tidak kuat dengan paparan suhu panas dan tidak mendapatkan cahaya yang cukup. Tanaman tersebut bisa saja menjadi kering atau mati jika disimpan di atas kulkas. Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan rak atau ambang jendela untuk meletakkan tanaman hias di dapur. 

Produk Pembersih

Hindari menaruh produk pembersih di atas kulkas di rumah. Meski meletakkan produk pembersih di tempat tinggi berfungsi untuk menjauhkan dari jangkauan anak-anak, namun bukan berarti langkah ini tidak berisiko. 

Menyimpan produk pembersih di atas kulkas bisa berisiko merusak kulkas apabila tidak sengaja tumpah. Cairan dari produk tersebut bisa saja memiliki zat kimia yang dapat merusak lapisan dan mesin kulkas. Selain itu, setiap produk pembersih biasanya juga memiliki ketentuan tersendiri dalam cara penyimpanannanya. 

Jenis Sayuran Tertentu

Ada  beberapa jenis sayuran yang tidak boleh disimpan di atas kulkas. Hindari menyimpan kentang dan bawang merah di tempat tersebut. Kedua sayuran tersebut bisa mengalami pembusukan lebih cepat jika ditaruh di atas kulkas yang diletakkan di pojok rumah atau tempat yang jauh dari cahaya dan sirkulasi udara. 

Tempat penyimpanan sangat mempengaruhi seberapa lama sayuran, buah, dan bumbu bisa bertahan. Kentang harus disimpan di tempat sejuk dan gelap, sementara bawang merah dan bawang putih harus disimpan di tempat yang berventilasi baik seperti di keranjang terbuka.

Demikianlah beberapa jenis barang yang tidak boleh disimpan di atas kulkas. Bagi Anda yang mempunyai kebiasaan menaruh kebiasaan sejumlah barang tersebut, sebaiknya hentikan dan simpanlah di tempat yang semestinya. Baca juga cara menyimpan keju yang benar agar awet dan tidak berjamur. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.