Mengenal Dobby Syndrome dan Cara Mengatasi Kondisi Kejiwaan Selalu Merasa Bersalah
Apa itu Dobby Syndrome (Warner Bros)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dobby Syndrome menjadi istilah yang populer di TikTok sejak beberapa waktu belakangan. Dobby Syndrome digunakan untuk menggambarkan perilaku yang terinspirasi dari tokoh ‘Dobby’ dalam film Harry Potter. Namun masih banyak orang belum tahu apa itu Dobby Syndrome dan ciri-cirinya. 

‘Dobby’ mungkin bukanlah kata yang asing di telinga para penggemar film Harry Potter. Dobby adalah nama dari karakter elf atau peri yang punya kebiasaan melukai atau menghukum dirinya ketika merasa bersalah. 

Nama ‘Dobby’ kemudian dipakai sebagai istilah psikologis untuk menyebut perilaku yang mirip dengan karakter peri tersebut. Sebagai kondisi psikologis yang perlu diperhatikan, Anda perlu mengenal apa itu Dobby Syndrome dan cara mengatasinya.

Apa Itu Dobby Syndrome?

Dobby Syndrome atau Dobby Effect merupakan kondisi psikologis yang membuat seseorang melukai diri sendiri karena merasa bersalah. Perilaku ini bisa dipicu karena perasaan bersalah yang terlalu berlebihan. Dalam film Harry Potter, peri Dobby akan selalu menghukum dirinya ketika gagal memenuhi perintah dari majikannya. 

Terinspirasi dari tokoh Dobby dalam Film Harry Potter, pengidap Dobby Syndrome punya kebiasaan melukai diri sendiri sebagai bentuk hukuman. Kondisi Dobby Syndrome kerap muncul saat seseorang tidak sanggup memenuhi ekspektasi yang diberikan orang lain pada dirinya. 

Seseorang yang mengalami Dobby Syndrome juga bisa disebabkan oleh trauma masa lalu yang mungkin terjadi saat masih kecil. Misalnya ketika dirinya dimarahi oleh orang tua menggunakan kata-kata seperti ‘kamu nggak pantas mendapatkan ini’ atau ‘kamu memang nggak bisa diandalkan’. 

Kalimat-kalimat bernada negatif tersebut bisa melekat di ingatan si anak. Dampaknya, anak yang menyimpan trauma tersebut akan tumbuh sebagai pribadi yang suka menyalahkan diri sendiri atau mudah merasa bersalah. Orang-orang ini biasanya juga merasa bahwa dirinya tidak pantas menerima suatu hal yang menyenangkan. Kondisi ini kemudian dapat memicu keinginan-keinginan untuk menghukum atau melukai diri sendiri. 

Cara Mengatasi Dobby Syndrome

Dobby Syndrome merupakan kondisi yang bisa berdampak buruk pada orang yang mengalaminya. Selain itu, perilaku Dobby Syndrome juga akan mengganggu kehidupan sehari-hari baik dalam urusan pekerjaan atau menjalin hubungan dengan orang lain. 

Pengidap Dobby Syndrome perlu mengatasi kondisi ini supaya tidak merugikan dirinya sendiri. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi Dobby Syndrome yang bisa Anda terapkan:

Meningkatkan rasa Percaya Diri atau Self Esteem

Salah satu cara untuk mengatasi Dobby Syndrome adalah dengan meningkatkan rasa percaya diri. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, munculnya Dobby Syndrome bisa disebabkan karena seseorang merasa dirinya tidak layak mendapatkan sesuatu. Sifat ini bisa terbentuk karena trauma masa kecil yang menyebabkan self-esteem rendah.

Ketika seseorang memiliki rasa percaya diri rendah, maka ia cenderung memandang dirinya secara negatif. Kondisi inilah yang membuat mereka mudah merasa bersalah atau gampang menyalahkan dirinya atas sesuatu yang tidak berjalan sesuai ekspektasi. Hal inilah yang kemudian memicu perilaku Dobby Syndrome. 

Untuk menghilangkan perilaku Dobby Syndrome, Anda perlu meningkatkan kepercayaan diri. Bangunlah mindset untuk memandang dirinya Anda secara lebih positif. Tingkatkan self esteem dan hindari menyalahkan diri sendiri secara berlebihan ketika terjadi sebuah kesalahan. 

Berhenti Memikirkan Tanggung Jawab Terlalu Banyak

Tips lainnya yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi Dobby Syndrome adalah dengan berhenti mengemban terlalu banyak tanggung jawab. Ketidakmampuan dalam menyelesaikan tugas dapat memicu rasa bersalah yang berujung memunculkan perilaku Dobby Syndrome.

Jadi mulailah membatasi diri Anda atas setiap pekerjaan atau tanggung jawab yang akan diemban. Apabila Anda merasa tanggung jawab yang diberikan sudah terlalu banyak dan di luar batas kemampuan, maka jangan takut untuk menolaknya. Biasakanlah bersikap tegas pada diri sendiri dan hal-hal dari luar diri Anda. 

Demikianlah ulasan mengenai apa itu Dobby Syndrome dan cara mengatasinya agar tidak merugikan diri sendiri. Bagi Anda yang mengalami perilaku Dobby Syndrome secara berulang, sebaiknya berkonsultasi kepada ahli psikologi untuk dapat mengatasinya. Baca juga pengalaman hidup yang menyebabkan self esteem rendah

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.