Perlu Suasana Baru, Ini 7 Acuan saat Mendekorasi Ulang Ruangan Kecil
Ilustrasi tips dan acuan mendekorasi ulang ruangan kecil (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam mengatur ruangan yang kecil, banyak orang memilih untuk mengecat tembok putih, minim hiasan, dan memilih perabotan yang kecil. Cara ini terkadang membosankan sehingga perlu mendekorasi ulang supaya membangun suasana baru. Untuk itu, Anda bisa memakai acuan berikut ini saat dekorasi ulang ruangan kecil Anda di rumah.

1. Pakai perabotan terbatas

Anda boleh memakai perabotan besar, tetapi tentu dalam jumlah terbatas. Karena mengisi sudut kecil dengan perabot berukuran kecil justru membuatnya terasa sempit dan penuh sesak. Sehingga, Anda bisa memasukkan satu sofa besar. Dengan begitu, ruang tamu tampak lebih menarik meski hanya sejumlah perabotan besar yang mengisinya.

2. Dekorasi eklektik dengan banyak hiasan warna-warni

Dekorasi warna-warni akan lebih menarik. Terutama jika Anda bisa memakai tema tertentu, misalnya warna pastel bahkan warna kontras. Menurut blogger Prancis, Éléonore Bridge, dilansir The Spruce Home Décor, Rabu, 27 Desember, memakai furnitur antik, aksesori cantik, dan hiasan artsy untuk dinding. Tetapi nuansa lembut jadi pilihannya, misalnya kursi duduk lekukan lembut, warna sprei bantal kursi pastel, dan pencahayaan lampu berwarna kuning.

acuan mendekorasi ulang ruangan kecil
Ilustrasi tips dan acuan mendekorasi ulang ruangan kecil (Freepik/chandlervid85)

3. Cat plafon warna terang

Warna cat langit-langit warna gelam menambah kedalaman ruang kecil kalau warna dinding putih. Trik supaya terlihat lebih lapang, pilih warna cat langit-langit warna satin atau semi gloss yang memantulkan Cahaya. Ini akan membuat ruangan terasa cerah dan terasa lebih luas.

4. Pakai karpet untuk batas ruangan

Jika dilakukan dengan benar, karpet dapat menciptakan zona berbeda di ruangan kecil. Untuk ruangan seluas 5x6 meter, baiknya memberi batas ruang dengan karpet saja alih-alih memakai dinding pembatas. Misalnya, pakai permadani besar untuk ruang tamu, dan permadani kecil untuk dijadikan ruang kerja dalam satu ruangan.

5. Cat dinding hitam untuk furniture putih

Anda bisa memainkan warna kontras saling berharmoni dalam satu ruangan kecil. Misalnya, cat dinding warna hitam jika lemari berwarna putih atau warna terang lainnya. Tips ini bisa diaplikasikan untuk dapur sempit. Cat putih lemari bisa menciptakan ilusi tepi yang tegas berbeda dengan warna dinding gelap.

acuan mendekorasi ulang ruangan kecil
Ilustrasi tips dan acuan mendekorasi ulang ruangan kecil (Freepik/senivpetro)

6. Perabotan ruang makan harus sesuai

Seperangkat meja makan yang sesuai akan terlihat serasi. Namun jika Anda ingin menampilkan kesan berani, bisa juga memadukan warna tidak serasi. Ini akan membangun kesan mengejutkan dan ruangan bisa tampak lebih besar.

Untuk mendapatkan tampilan ini, Anda harus memastikan bahwa kursi yang Anda pilih memiliki ketinggian tempat duduk yang tepat untuk meja yang Anda gunakan. Gunakan perpaduan kursi eklektik untuk menciptakan suasana bohemian. Sedangkan agar ruang terlihat bersih dan kontemporer, pertahankan gaya semua kursi yang sama, dengan warna masing-masing berbeda.

7. Pencahayaan tersembunyi

Perlengkapan lampu tersembunyi, mempercantik ruangan kecil tanpa menguasai lantai atau ruang vertikal yang berharga. Selain mempercantik ruangan, memungkinkan menambah kecerahan dan gaya sesuai keinginan. Anda bisa memilih kap lampu gantung berukuran besar untuk memperindah ruangan. Tambahkan kap kecil di meja kopi, kap lampu saat membaca, dan lampu hias mungil untuk menambah cahaya dekoratif.

Tips mendekorasi ulang ruangan kecil di atas, bisa Anda jadikan acuan. Bisa juga menambahkan hiasan dinding namun perhatikan skala bingkai serta gambar yang tidak membuat ruangan terasa penuh sesak.