Biar Nggak Kebanyakan Makan saat Liburan, Ikuti 8 Tips Berikut
Ilustrasi tips biar nggak kebanyakan makan saat liburan (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Saat musim liburan, suasana santai dan banyak sajian dihidangkan di meja makan kerap membuat kalap. Makan banyak tentu akan memengaruhi kesehatan selain juga membuat jarum timbangan bergerak ke kanan. Untuk mengontrol pola makan dan supaya makan nggak kebanyakan, ikuti tips berikut ini.

1. Jadi pemilih

Ketika banyak undangan pesta Natal dan akhir tahun, Anda perlu selektif dalam memilih apa yang Anda makan dalam acara tersebut. Jangan makan semua menu yang ada di pesta. Jadilah pemilih dan makan makanan berkalori dengan bijaksana. Tipsnya, pilih makanan yang paling Anda sukai untuk dimakan dengan porsi kecil hingga sedang.

2. Beri jeda

Butuh beberapa menit untuk mengenali sinyal “saya kenyang” dari perut Anda sampai ke otak. Setelah makan makanan pembuka, istirahatlah selama 10 menit. Lakukan percakapan ketika berada di acara keluarga atau pesta lainnya. Minumlah air dan kemudian periksa kembali seberapa lapar Anda.

tips biar nggak kebanyakan makan saat liburan
Ilustrasi tips biar nggak kebanyakan makan saat liburan (Freepik/jcomp)

3. Hindari mengambil posisi dekat dengan meja makan

Jika Anda banyak beraktivitas di rumah, hindari mengambil posisi dekat dengan meja makan. Lebih baik banyak beraktivitas di tempat yang jauh dari meja makan untuk meminimalisir berkali-kali nyemil atau mengambil makanan. Untuk camilan, pilih makanan dengan karbohidra kompleks dengan protein dan lemak tak jenuh. Seperti irisan apel dengan selai kacang atau sepotong kalkun dengan keju di atas seiris roti gandum.

4. Minumlah untuk kesehatan Anda

Karena momen Natal, mungkin banyak dihidangkan eggnog. Segelas eggnog kurang lebih mengandung 500 kalori. Wine dan beer sekitar 150 hingga 225 kalori. Jika memungkinkan, minumlah segelas air mineral atau jus tanpa tambahan pemanis.

tips biar nggak kebanyakan makan saat liburan
Ilustrasi tips biar nggak kebanyakan makan saat liburan (Freepik)

5. Atur porsi makan

Saat makan dengan urutan makanan lengkap, beri ruang untuk sayuran. Sayuran dan buah, bisa Anda jadikan camilan enak bahkan jadikan hidangan utama.

6. Jangan berbelanja dalam keadaan lapar

Berbelanja mungkin tampak mengasyikkan. Tetapi hindari melakukannya saat Anda lapar. Maka, lebih baik makan dulu sebelum berbelanja agar tidak mudah tergoda ketika melewati toko bakery yang mana memendarkan aroma cinnamon rolls atau jagung karamel.

7. Masak secara bijak

Bahan dan berapa banyak makanan yang Anda masak, perlu dipertimbangkan secara bijak. Anda tak perlu memasak terlalu banyak saat liburan. Lebih baik masak secukupnya, kalau habis nanti bisa masak lagi dengan menu yang berbeda tetapi tetap berkualitas dan mendukung program diet Anda. Selain itu, berkreasilah dengan resep yang menggunakan bahan tinggi lemak tak jenuh, seperti mentega, krim, lemak daging, atau mentega nabati sekalipun. Ganti bahan tersebut dengan bahan yang aman untuk diet serta kesehatan keluarga.

8. Perhatikan apa yang benar-benar penting

Meskipun tak afdol kalau berkumpul bersama keluarga tetapi tidak makan. Tetapi penting juga memperhatikan apa yang benar-benar bermakna dalam kebersamaan. Maka fokuslah pada keluarga, teman, tawa, dan keceriaan. Untuk jadwal makan, Anda bisa menyusun rencana bersama atau makan berlebihan sesekali saja.

Tips biar nggak makan kebanyakan saat liburan di atas, bisa Anda lakukan dengan perencanaan. Ini dilakukan supaya liburan tetap menyenangkan tanpa dihantui rasa khawatir terkait berat badan naik atau menurunnya kesehatan.