Menjaga Berat Badan Ideal Anak, Ini 4 Tips yang Bisa Dilakukan
Berat badan anak harus dijaga agar tidak obesitas. (Foto: Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tak sedikit orang tua yang mengeluh tentang sulitnya menjaga berat badan ideal anak, khususnya ketika anak susah makan, baru sembuh dari sakit atau memiliki pola makan yang tidak sehat.

Sebagai informasi, berat badan anak yang ideal dapat diketahui lewat indeks massa tubuh (IMT). Ini adalah cara yang dikembangkan oleh para ahli untuk mengetahui kisaran berat badan yang ideal dan sesuai dengan tinggi badan.

Untuk menghitung IMT anak, Anda perlu mengukur tinggi dan berat badan anak. Selanjutnya, Anda bisa mencari tahu apakah IMT anak berada di kisaran yang ideal atau tidak.

Sebagai contoh, bila seorang anak memiliki berat badan 30 kg dengan tinggi 1,3 m (130 cm), perhitungan IMT-nya adalah sebagai berikut:

  • Kalikan tinggi badan anak dalam satuan meter yang dikuadratkan: 1,3 x 1,3 = 1,69
  • Berikutnya, bagi angka berat badan anak dengan hasil kuadrat tinggi: 30:1,69 =17,7

Bila Indeks massa tubuh sudah diketahui, Anda bisa menentukan apakah berat badan anak sudah ideal, kurang, atau berlebih berdasarkan klasifikasi IMT utuk anak-anak sesuai usia dan jenis kelaminnya.

Setelah Anda mendapatkan angka IMT anak, Anda dapat menentukan apakah berat badan anak sudah ideal, kurang, atau berlebih berdasarkan klasifikasi IMT untuk anak-anak sesuai usia dan jenis kelaminnya.

Cara Menjaga Berat Badan Ideal Anak

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua untuk menjaga berat badan anak tetap ideal:

1. Beri makanan sehat dan bergisi seimbang

Orang tua perlu memerhatikan pola makan anak supaya berat badannya menjadi ideal. Selain itu, orang tua juga perlu memberikan anak makanan yang sehat dan bergizi supaya kebutuhan gizinya terpenuhi. Anak kecil juga perlu ditargetkan untuk mengonsumsi buah dan sayur secara teratur setiap hari.

Hindari memberikan makanan manis yang berlebih pada anak, sebab hal ini dapat meningkatkan risiko obesitas. Selain itu, makanan manis juga dapat memicu gangguan kesehatan mulut dan gigi anak.

Berikan anak makanan dengan porsi yang cukup. Bila sudah kenyang, jangan paksa anak untuk menyantap makanan yang lain.

2. Ajak anak untuk berolahraga

Cara menjaga berat badan ideal anak yang berikutnya adalah mengajak si buah hati untuk bergerak dan berolahraga minimal 60 menit setiap hari.

Orang tua bisa mengajarkan anak untuk melakukan olahraga ringan seperti bermain sepeda atau jalan santai mengitari komplek.

3. Berikan waktu istirahat yang cukup

Selain memberikan makanan bergizi seimbang dan olahraga, anak juga perlu memiliki waktu istirahat yang cukup agar berat badannya tetap ideal.

Ilustrasi makanan sehat dan bergizi untuk anak
Ilustrasi makanan sehat dan bergizi untuk anak (Foto: Freepik).

Anak yang memiliki waktu istirahat yang cukup akan lebih mudah untuk memiliki berat badan ideal. Sebab, pada waktu tidur, hormon pertumbuhan akan dilepaskan.

Bila anak tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, pelepasan hormon pertumbuhan akan terganggu, sehingga menimbulkan masalah pada pertumbuhan dan perkembangan anak.  

4. Jangan pernah meninggalkan sarapan

Sebelum beraktifitas, ajarkan anak untuk selalu sarapan. Anak-anak yang rutin sarapan cenderung memiliki berat badan yang lebih stabil ketimbang anak-anak yang tidak rutin sarapan.

Sarapan atau makan pagi membantu menjaga kesehatan pencernaan serta memberikan anak energi untuk beraktivitas selama satu hari.

Demikian informasi tentang menjaga berat badan ideal anak. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.