Apa yang Perlu Dibicarakan dengan Pasangan Seputar Hubungan Seks? Simak 5 Tipsnya
Ilustrasi apa yang perlu dibicarakan dengan pasangan seputar hubungan seks (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi pasangan baru, membicarakan seputar hubungan seks akan terasa canggung. Namun, setiap pasangan perlu terbuka soal kehidupan intim masing-masing. Bahkan, kehidupan seks tidak akan mencapai puncaknya sampai Anda dan pasangan menguasai pembicaraan tentang seks. Seperti bagaimana pengalaman yang sudah dialami, permainan yang paling disukai, dan apa yang membuat orgasme atau ejakulasi. Menurut sex coach bersertifikat dan penulis All the F*cking Mistakes: A Guide to Sex, Love, and Life, Gigi Engle, begini tipsnya.

1. Komunikasikan kebutuhan, keinginan, dan hasrat kepada pasangan

Anda tidak bisa memiliki kehidupan seks yang baik tanpa komunikasi, tutur Engle dilansir Cosmopolitan, Rabu, 20 Desember. Dengan berkomunikasi, Anda dan pasangan bisa menceritakan perihal kebutuhan, keinginan, dan hasrat. Misalnya, bagaimana Anda dan pasangan suka disentuh, ingin disentuh bagian apa, atau cara menyentuhnya.

apa yang perlu dibicarakan dengan pasangan seputar hubungna seks
Ilustrasi apa yang perlu dibicarakan dengan pasangan seputar hubungan seks (Freepik/lookstudio)

Setiap hal tentang preferensi seks penting diartikulasikan. Ini seperti menyelesaikan proyek besar bersama pasangan. Sebisa mungkin, ungkapkan secara terperinci. Dengan begitu, hubungan yang berkaitan dengan keintiman berdua bisa semakin menyenangkan.

2. Diskusikan semua hal seputar hubungan seks

Kalau Anda pasangan yang baru menikah, maka bersiaplah mendiskusikan semuanya bersama pasangan Anda. Kara Engle, Anda berdua harus memiliki pemahaman yang sama. Secara khusus, Anda dan pasangan perlu menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang apa arti hubungan seksual. Setelah memiliki pemahaman yang sama, cari tahu kapan pasangan dan Anda dites IMS. Ini penting dilakukan untuk mendapatkan seks yang sehat. Pesan Engle, percakapan inti mini harus dilakukan di tempat yang aman, jauh dari kamar tidur, dan pastikan dilandasi kejujuran serta keterbukaan.

Selain yang disarankan Engle di atas, Anda dan pasangan juga penting mengobrol tentang topik menyenangkan yang akan membawa kehidupan seks Anda ke level selanjutnya. Rekomendasi Engle, dua pertanyaan sederhana tetapi harus dijawab adalah tentang bagaimana Anda suka disentuh dan apa yang bisa dilakukan untuk membuat Anda merasa baik. Nah, kalau memasukkan gaya seks tertentu, penting untuk saling berkomunikasi. Bicarakan soal kata-kata yang aman, batasan, dan apa yang disukai atau tidak.

apa yang perlu dibicarakan dengan pasangan seputar hubungan seks
Ilustrasi apa yang perlu dibicarakan dengan pasangan seputar hubungan seks (Freepik)

3. Komunikasikan dengan ceria, hati-hati, dan penuh rasa ingin tahu

Canggung mungkin dirasakan bagi pasangan baru terutama saat membicarakan hal intim, seperti seks. Maka jadikan suasana menyenangkan. Bersikaplah ceria, utarakan kalimat dengan hati-hati, dan penuh rasa ingin tahu. Coba mulai percakapan dari bagian yang menyenangkan. Engle merekomendasikan, tanyakan soal bagaimana hubungan seks yang terbaik dan fantasi yang dimiliki pasangan. Selain penting juga mengetahui posisi seks favorit, mainan favorit, dan preferensi seks.

4. Bicarakan sebelum melakukan hubungan seks

Tidak ada yang perlu dirahasiakan dari pasangan Anda seputar pengalaman seks yang dialami sebelumnya. Tetapi tergantung situasi, kalau Anda memiliki pengalaman masa lalu yang buruk, siapkan diri sebelum membicarakan dengan pasangan. Lantas kapan memulai pembicaraan seputar seks ini? Menurut Engle, lakukan percakapan tentang seks sebelum Anda melakukannya. Kenapa harus dilakukan sebelum hubungan seks, karena Anda harus memastikan berada di lingkungan aman dan saling percaya dengan seseorang yang akan menghormati batasan Anda.

5. Bicarakan dengan nyaman

Selain memilih tempat yang aman untuk membicarakan hal privat ini, penting juga momen dan cara yang nyaman. Kalau Anda atau pasangan lebih nyaman ngobrol perihal seks lewat teks, tak apa, kata Engle. Dengan teks, atau pesan elektronik, adalah cara netral dan terbaik untuk mengemukakan sesuatu yang Anda sukai saat berhubungan seks.

Itulah tips dari pakar untuk terbuka membicarakan tentang hubungan seks dengan pasangan. Penting diketahui, komunikasi yang sehat membantu semua aspek dalam kehidupan. Maka, komunikasikan dengan baik aspek kehidupan seksual Anda dengan pasangan.