Selain Efektif untuk Relaksasi, 5 Jenis Teh Ini Menyehatkan Otak
Ilustrasi jenis teh efektif untuk menyehatkan otak (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Minum teh merupakan kebiasaan sehari-hari yang ternyata menenangkan. Selain menenangkan, teh jenis tertentu dinilai bisa menyehatkan otak. Minuman maupun makanan tertentu mengandung mikronutrien dan makronutrien yang bermanfaat bagi otak. Di samping selektif dalam memilih makanan dan minuman, makan dengan penuh kesadaran juga membuat perubahan positif dalam pola makan. Cara ini juga dianggap menenangkan dan membantu Anda menyesuaikan dengna kecerdasan tubuh. Nah, soal jenis teh yang efektif untuk menyehatkan otak, berikut ini daftar sekaligus penjelasan singkatnya.

1. Teh Hijau

Teh hijau kaya akan asam amino, penambah dopamine yang disebut L-theanine. L-theanine adalah asam amino unik yang terdapat dalam tanaman teh. Kandungan ini meningkatkan gelombang otak alfa, menurunkan bahan kimia rangsang pada otak, meningkatkan bahan kimia otak yang menenangkan. Secara umum, menyeruput teh hijau adalah cara bagus untuk rileks dan jauh dari stres.

jenis teh efektif untuk menyehatkan otak
Ilustrasi jenis teh efektif untuk menyehatkan otak (Freepik)

2. Teh Chamomile

Chamomile adalah bunga mirip bunga aster dari keluarga tumbuhan Asteraceae. Bunga chamomile telah dikonsumsi selama berabad-abad sebagai obat alami untuk beberapa kondisi kesehatan. Beberapa penelitian menunjukkan teh chamomile dapat membantu menurunkan kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur. Jika Anda sedang hamil atau mencoba untuk hamil, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mencoba teh ini.

3. Teh lavender

Esensi lavender telah ditunjukkan dalam beberapa penelitian bermanfaat menurunkan kecemasan, meningkatkan kualitas tidur, dan mengurangi perasaan stres dengan meningkatkan produksi dopamin serta mengurangi kadar kortisol. Lavender juga mengandung banyak senyawa anti inflamasi. Melansir mbgfood, Minggu, 10 Desember, psikiater dan ahli nutrisi menyukai menyeduh tisane lavender dari lavender kering, air panas, dan terkadang setangkai daun mint segar atau seiris lemon.

4. Teh Kunyit

Teh kunyit merupakan minuman yang membantu kinerja otak biasa karena bahan aktifnya. Kunyit mengandung kurkumin, yang bersifat antioksidan, anti-inflamasi, dan neurotropik. Studi menunjukkan bahwa kurkumin dikaitkan dengan peningkatan perhatian, kognisi secara keseluruhan, dan memori. Saat Anda menyiapkan teh kunyit, selalu tambahkan lada segar ke dalam campurannya. Disebut golden milk yang dibuat dengan kunyit juga merupakan suguhan yang lezat dan menenangkan.

5. Teh Lemon Balm

Sekilas lemon balm mirip dengan daun mint tetapi berbeda. Tanaman ini memiliki nama ilmiah Melissa officinalis yang termasuk satu famili dengan daun mint. Menurut penelitian, menunjukkan bahwa lemon balm mengurangi interaksi dengan beberapa neurotransmitter otak yang menyebabkan kecemasan, termasuk serotonin dan asetilkolin. Selain itu, lemon balm bersifat anti-inflamasi dan antioksidan. Menyeduh teh lemon balm, bermanfaat melindungi neuron dari stress oksidatif dan mengurangi peradangan kronis.

Kelima jenis teh yang menyehatkan otak di atas, bisa Anda seduh sendiri di rumah. Namun penting untuk memperhatikan setiap perubahan yang terjadi pada kondisi kesehatan. Apabila Anda harus mengkonsumsi obat harian, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter pribadi Anda sebelum rutin menyeduh kelima jenis teh di atas.