Kesalahan Menggunakan Bawang Putih Saat Memasak yang Jarang Kita Sadari
Kesalahan Menggunakan Bawang Putih Saat Memasak (Gambar Akinori UEMURA-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang cukup populer digunakan untuk bahan masakan. Hal ini dikarenakan aroma dan cita rasanya yang disukai banyak orang. Namun kadang kita tak tahu kesalahan menggunakan bawang putih saat memasak yang ahirnya membuat rasanya jadi tidak enak.

Memang sih, menggunakan bahan bawang putih untuk memasak itu sudah jadi rutinitas, namun hal itu tak sesederhana yang kita bayangkan.

Bergantung pada kesalahan yang kita lakukan, kita mungkin saja merubah rasa masakan yang semestinya, ataupun melenyapkan beberapa khasiat kesehatan bawang putihnya.

Melansir dari The Daily Meal, berikut beberapa kesalahan memakai bawang putih ketika memasak.

Kesalahan Menggunakan Bawang Putih Saat Memasak

1. Tidak Tahu Cara Memilih Bawang Putih

Bila kita lagi berada di toko sayuran ataupun pasar buat membeli bawang putih, penting buat mengenali cara memilih bawang putih segar. Perihal pertama yang wajib dilakukan yaitu mengambil salah satu umbi serta meremasnya dengan lembut.

Bila kita merasa bawang putih sangat banyak mengeluarkan cairan, ataupun sebagian siung terasa berlubang ataupun terlalu kering, taruhlah siung tersebut. Keduanya jadi ciri kalau bawang putih sudah tidak segar lagi. Demikian pula, siung yang mulai bertunas pula wajib dihindari sebab pastinya siung tersebut telah sangat tua.

Kebalikannya, umbi bawang putih segar sepatutnya terasa agak keras. Pilihan idealnya yaitu mencari bawang putih yang produk lokal. Bawang putih ini tidak bakal menempuh ekspedisi jauh buat sampai ke toko sayuran, yang berarti kemungkinan besar masih fresh.

2. Menggeprek Bawang Putih

Sebaiknya berhenti menggeprek bawang putih saat mau menambahkannya ke dalam resep masakan. Sebagai gantinya, mulailah mencincang bawang putih menjadi potongan-potongan kecil saja untuk bahan masakan kita.

Banyak orang mungkin berpikir kalau hal ini bakal menciptakan rasa yang lebih ringan sebab bawang putih tidak terkonsentrasi di satu area saja. Tetapi, sesungguhnya tidak demikian. Ketika bawang putih dicincang jadi potongan-potongan kecil, itu malah membuat rasanya lebih kuat, yang malahan dapat mengalahkan bahan-bahan lain dalam masakan.

3. Tidak Tahu Cara Mencincang Bawang Putih

Sehabis mengetahui kalau menggeprek bawang putih merupakan suatu kesalahan, kita mungkin menyadari kalau mencincang bawang putih merupakan teknik terbaik. Untungnya, ini tidak terlalu susah. Sehabis mengupas siung bawang putih, potong bagian tepi siung yang gelap serta sesudah itu iris tipis-tipis.

Sehabis mengiris, kita siap buat mulai mencincang. Pegang pisau sedikit miring, dengan satu tangan memegang gagangnya serta tangan yang lain memegang ujung atas mata pisau. Goyangkan gagangnya maju mundur buat menggerakkan mata pisau di atas bawang putih. Ulangi terus gerakan ini sampai bawang putih tercincang jadi potongan-potongan halus.

4. Tidak Mendiamkan Bawang Putih Sesudah Dicincang

Sesudah tuntas mencincang siung bawang putih, langkah berikutnya yaitu mendiamkannya selama beberapa menit sebelum menambahkannya ke dalam panci ataupun wajan. Siung bawang putih memiliki allicin, senyawa yang sudah teruji menolong menaikkan sistem imunitas tubuh.

Ketika mendiamkan bawang putih, ini memberikan peluang untuk allicin serta senyawa sulfida yang lain buat berkembang lebih sempurna, yang bisa mengoptimalkan khasiat kesehatannya.

Sebab kenapa allicin serta senyawa sulfida yang lain berkembang lebih sempurna saat bawang putih cincang didiamkan yaitu karena reaksi kimia yang berlangsung antara oksigen di udara serta enzim yang dilepaskan. Tidak butuh waktu lama buat reaksi ini berlangsung. Diamkan selama 10 menit saja sudah cukup.

5. Membuat Bawang Putih Gosong Saat Lagi Menumis

Bawang putih yang gosong tidak bakal berbau harum, tentu saja tidak akan memberikan rasa yang kita harapkan pada resep masakan. Jadi, saat lagi menumis bawang putih kita wajib berjaga-jaga dan upayakan buat menambahkannya sesudah bahan yang lain matang. Tidak hanya itu, menambahkan bawang putih ke dalam wajan terlalu dini tidaklah satu-satunya hal yang bisa buatnya lebih gampang gosong.

Wajan yang sangat panas pula bisa menimbulkan permasalahan. Buat meminimalisir kemungkinan gosongnya bawang putih, jangan memasak dengan api besar, cukup menggunakan api sedang atau kecil saja. Bila perlu, naikkan temperatur kompor saat kita hampir tuntas memasak. Kita pula dapat kurangi resiko bawang putih gosong dengan memasaknya memakai lemak, semacam mentega ataupun minyak zaitun.

Jadi setelah mengetahui apa saja kesalahan menggunakan bawang putih saat memasak, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!