7 Penyebab AC Mengeluarkan Aroma Tidak Sedap, Segera Cek!
Penyebab AC mengeluar aroma tidak sedap (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Air conditioner (AC) mengeluarkan aroma busuk atau tidak sedap terkadang dialami oleh banyak orang. Kondisi tersebut tentunya sangat mengganggu kenyamanan penghuni rumah. Lantas apa penyebab AC mengeluarkan bau tidak sedap?

AC telah menjadi perangkat elektronik rumah tangga yang banyak digunakan untuk meningkatkan kenyamanan hunian. Lantaran digunakan setiap hari, alat ini perlu mendapat perawatan secara rutin. Salah satunya permasalah yang sering terjadi pada AC di rumah-rumah adalah keluarnya aroma tidak sedap. 

Perawatan pada AC berguna untuk mencegah perangkat ini mengeluarkan aroma busuk yang menyengat penciuman. Untuk menghindari masalah tersebut, Anda perlu tahu penyebab AC mengeluarkan aroma tidak sedap.

Mengapa AC Mengeluarkan Aroma Tidak Sedap?

Masalah AC mengeluarkan bau tidak sedap umumnya disebabkan karena jamur dan pertumbuhan bakteri di saluran udaranya. Namun selain karena kondisi tersebut, ada faktor lain yang bisa menyebabkan keluarnya aroma menyengat pada AC di rumah Anda.

Berikut ini beberapa penyebab AC mengeluarkan aroma tidak sedap yang perlu Anda tahu:

Menumpuknya Debu pada AC

Salah satu penyebab AC beraroma tidak sedap yakni karena debu yang menumpuk di dalam filter dan evaporator. AC yang tidak pernah dibersihkan akan mengalami penumpukan debu dan menjadi kotor. Tumpukan debu pada AC akan menghalangi hembusan udara dan udara yang dikeluarkan tidak baik untuk kesehatan. 

Penumpukan Jamur

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, penumpukan jamur dan bakteri menjadi penyebab paling umum AC menghembuskan udara berbau tidak sedap. Adanya bakteri penyebab penyakit dan jamur pada saluran AC sangatlah berbahaya bagi kesehatan manusia. 

AC bekerja dengan mengubah udara panas menjadi udara dingin, sehingga menyebabkan kondensasi dan pembentukan tetesan kecil air di dalam AC. Terkadang kelembaban dan sisa air di saluran AC menimbulkan tumbuhnya jamur dan bakteri. Kondisi ini menyebabkan bau busuk muncul dari AC Anda.

Hewan Mati di Dalam AC

Seringkali AC menjadi tempat bersarang maupun berkeliarannya hewan-hewan kecil, seperti cicak, serangga, dan lainnya. Apabila ruangan Anda tercium aroma tidak sedap seperti telur busuk atau bangkai saat AC dinyalakan, bisa jadi karena ada hewan mati atau terjebak di dalam AC.

Freon AC Mengalami Kebocoran

Komponen pada AC yang kerap mengalami masalah adalah bagian freon. Freon bocor menjadi penyakit AC yang paling sering dikeluhkan. Kebocoran freon ini bisa menghasilkan bau tidak sedap yang keluar dari AC. 

Selain itu, freon yang bocor juga menyebabkan AC jadi lebih boros dan freonnya cepat habis. Kondisi ini pun membuat AC tidak bisa mengeluarkan udara dingin. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memanggil teknisi AC.

Ruangan Terlalu Lembab

Faktor lainnya yang bisa menyebabkan AC mengeluarkan bau tidak sedap adalah karena ruangan terlalu lembab. Jadi pastikan Anda selalu menjaga kebersihan dan sirkulasi udara maupun cahaya di ruangan Anda. 

Dalam ruangan ber-AC harus terdapat jendela atau ventilasi mengatur sirkulasi udara. Jadi ketika AC tidak digunakan, udara di dalam ruangan bisa diganti dengan udara baru dari luar yang lebih segar serta baik untuk kesehatan.

Pengharum Ruangan Sudah Apek

Sering kali pemilik rumah lupa atau abai untuk mengganti pengharum ruangan yang sudah lama digunakan. Pengharum ruangan yang apek juga bisa menyebabkan ruangan beraroma tidak sedap saat AC dinyalakan. Udara yang dihembuskan AC akan menyebarkan bau tidak enak dari pengharum ruangan tersebut.

Ruangan AC Sering Dipakai Merokok

Ruangan yang dipasang AC memang seharusnya tidak digunakan untuk tempat merokok. Kebiasaan merokok di ruang AC bisa membuat udara di dalam ruangan jadi tidak sehat. Bau tidak sedap dari asap rokok mungkin saja dihisap oleh blower AC. 

Meskipun AC dimatikan atau dalam keadaan tidak nyala, merokok di ruangan ber-AC tetap tidak disarankan. Sebab asap rokok bisa menempel di berbagai benda di ruangan tersebut dan menyebabkan ruangan berbau tidak sedap. 

Demikianlah beberapa penyebab AC mengeluarkan bau tidak sedap yang wajib dipahami oleh penggunanya. Masalah ini bisa dihindari atau dicegah dengan melakukan perawatan secara rutin pada AC di rumah Anda. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.