Cara Mengatasi Jet Lag Pesawat saat Liburan ke Dalam Maupun Luar Negeri
Ilustrasi jet lag (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Jet lag kerap terjadi terutama saat menempuh perjalanan udara menggunakan pesawat. Dampaknya bisa beragam, dari gangguan kesehatan hingga sulit tidur. Agar tak mengalami hal tersebut saat liburan ketahui cara mengatasi jet lag pesawat.

Cara Mengatasi Jet Lag Pesawat

Dikutip dari AI Care, jet lag adalah sebuah kondisi dimana jam tidur jadi tidak menentu dikarenakan menempuh perjalanan jauh dengan perbedaan zona waktu. Seperti diketahui tubuh manusia punya jam biologis yang disebut ritme sirkadian. Ritme ini mengatur kapan harus tidur dan terjaga.

Saat bepergian ke zona waktu yang berbeda, tubuh perlu adaptasi. Makin banyak perbedaan zona waktu yang ditembus maka makin besar pula kemungkinan seseorang mengalami jet lag. Beberapa tanda Anda mengalami jet leg adalah sebagai berikut.

  • Susah konsentrasi
  • Tubuh lelah tapi tak bisa tidur
  • Gangguan tidur
  • pusing
  • mood swing
  • nafsu makan turun
  • diare atau gangguan pencernaan

Jet lag bisa dialami oleh semua orang, pria, wanita, dewasa, bahkan anak-anak. Untuk mengatasi hal tersebut ketahui cara mengatasi jet lag karena pesawat.

  1. Penuhi Kebutuhan Cairan

Saat melakukan perjalanan jauh tubuh berpotensi kehilangan cairan baik karena kelelahan atau karena suhu udara atau cuaca. Usahakan untuk banyak minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

  1. Hindari Kafein, Alkohol, dan Nikotin

Biasanya saat seseorang mengalami jet lag akan sulit tidur dan beristirahat. Kondisi itu akan makin parah jika Anda mengonsumsi kafein alkohol, dan nikotin. Hindari sementara waktu tiga hal tersebut agar tubuh bisa segera istirahat. Disarankan untuk tidak mengonsumsi kafein, alkohol, dan nikotin empat jam sebelum tidur.

  1. Kenakan Penutup Telinga dan Mata

Salah satu cara ampuh mengatasi jet lag karena pesawat adalah mengenakan penutup telinga dan mata. Penutup ini berfungsi untuk mengurangi kebisingan dan cahaya sehingga tubuh bisa cepat adaptasi dan tertidur pulas.

  1. Hindari Olahraga Berat Sebelum Tidur

Saat mengalami jet lag tubuh sebenarnya sudah lelah sehingga tidak disarankan untuk melakukan olahraga karena akan semakin membebani tubuh. Anda bisa melakukan peregangan ringan agar otot tubuh rileks.

  1. Segera Cari Sinar Matahari

Setelah sampai di tujuan pasca penerbangan disarankan untuk berjemur diri di bawah sinar matahari. Cara ini membantu mengatasi jet lag agar tubuh bisa terstimulan sehingga jam biologis bisa kembali.

  1. Pilih Jadwal Penerbangan yang Tepat

Jet leg bisa diatasi asal memperhatikan waktu dengan cara memilih jadwal penerbangan yang tepat. Usahakan memilih jam penerbangan dengan jam kedatangan siang hari. Hal ini dilakukan agar tubuh bisa beristirahat selama di dalam pesawat.  Selain itu saat tiba siang hari tubuh bisa lebih mudah menyesuaikan diri.

  1. Cari Udara Segar

Coba untuk jalan-jalan ke luar ruangan agar mendapatkan udara segar. Cara ini cukup ampuh untuk membuat tubuh rileks. Hindari berdiam diri di dalam ruangan dalam waktu uang lama karena akan memperparah jet lag.

  1. Periksa ke Dokter

Efek jet lag pada tiap orang biasanya berbeda. Jika gejala yang dialami sangat mengganggu cobalah untuk konsultasi ke dokter untuk mendapatkan obat-obatan. Biasanya obat yang diberikan adalah obat tidur yang diminum sebelum bepergian.

Itulah informasi terkait cara mengatasi jet lag pesawat. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Terkait