Catat Kalau Mau Langgeng, Ini 6 Hal yang Perlu Dibangun Pasangan Dalam Hubungan Romantis
Ilustrasi (Oya Repka/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Setiap hubungan mengalami fase naik-turun. Bahkan pada waktu-waktu tertentu mungkin diperlukan upaya lebih untuk menjaga agar hubungan tersebut tetap terjaga.

Jika Anda masih merasa kesulitan menghadapi momentum-momentum tersebut, enam hal sederhana ini mungkin bisa Anda terapkan demi mempererat hubungan dengan pasangan.

Komunikasi terbuka

Menurut Stephanie Mintz, seorang Psikolog Klinis melansir Style Craze, Rabu, 29 November, komunikasi terbuka merupakan fondasi dari kesuksesan setiap hubungan. Orang lain tidak bisa membaca pikiran Anda, pun sama halnya dengan pasangan. Jadi, menyuarakan perasaan, harapan, dan kebutuhan Anda sangatlah penting. Sekalipun Anda berada di tengah konflik, komunikasi berguna untuk menyelesaikan konflik dan memperkuat ikatan.

Tanpa komunikasi, Anda menciptakan kebencian, menumpuk kesalahpahaman, dan menimbulkan kepahitan. Ingatlah fakta bahwa buruknya komunikasi bisa berakibat fatal bagi hubungan apa pun.

Percaya satu sama lain

Saling percaya dalam hubungan menandakan hubungan itu akan langgeng dan awet. Namun, jika tidak ada rasa percaya, maka ini bukanlah hubungan yang sehat, aman, dan stabil. Kepercayaan dapat dibangun seiring berjalannya waktu dan semakin kuat jika Anda dan pasangan bersedia berupaya menjalin hubungan yang sehat dan tumbuh bersama. Anda tidak bisa membuat kehidupan cinta menyenangkan dan memuaskan tanpa unsur saling percaya.

Saling menghormati

Meski terdengar klise, sikap tidak menghormati pasangan juga bisa memudarkan cinta. Cinta tidak bisa menjadi pembenaran untuk mengorbankan harga diri atau tidak menghormati pasangan. Agar suatu hubungan dapat berkembang, pasangan harus saling menghormati. Anda perlu menghormati perbedaan dan tidak memaksakan suka atau tidak suka pada orang lain.

Cara terbaik memperkuat ikatan adalah dengan merayakan dan menghormati perbedaan. Tidak menghormati satu sama lain hanya akan menumbuhkan kebencian dan dapat merusak hubungan.

Loyalitas

Ketidaksetiaan mungkin merupakan hal yang merugikan. Cinta yang dibarengi dengan kesetiaan akan bertahan lama dan sakral. Kesetiaan adalah fondasi sebuah hubungan. Jika ingin berhasil, maka Anda harus berkomitmen pada pasangan.

Mungkin pasangan tidak secerdas rekan kerja atau ekstrover seperti sang mantan, tapi pasti ada alasan mengapa Anda memilih dia daripada orang lain. Ini harus menjadi dasar kesetiaan Anda yang tak tergoyahkan. Suatu hubungan gagal jika didalamnya ada orang ketiga, terlepas dari apakah Anda mengungkapkan identitas orang tersebut atau merahasiakannya dari pasangan.

Perasaan aman

Perasaan aman bersama pasangan mampu membuat Anda merasa berharga dalam suatu hubungan. Namun, jika Anda merasa tidak aman, maka semua emosi akan mulai melemah, dan ikatan pun akhirnya hancur. Dalam hubungan yang berkomitmen, Anda harus menepati janji untuk melindungi dan mencintai pasangan dalam segala situasi kehidupan. Perasaan aman ini mencakup keamanan fisik dan emosional.

Saling memaafkan

Saling memaafkan itu sangat penting dalam hubungan. Jika pasangan meminta maaf dengan tulus dan berusaha menebus kesalahannya, belajarlah memaafkan dan move on. Mungkin ada beberapa kesalahan yang bisa berdampak buruk pada hubungan, tetapi Anda bisa memperbaiki semuanya.

Jika Anda dan pasangan ingin melupakan kesalahan tersebut dan berusaha membangun kembali hubungan. Kalian harus bisa saling memaafkan sebelum bisa melangkah maju.