Wisata Arung Jeram di Jogja dan Sekitarnya, Cocok untuk Anda yang Berjiwa Petualang
Ilustrasi arung jeram di Sungai Elo (IST)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ada banyak wisata arung jeram di Jogja yang bisa Anda kunjungi saat liburan. Selain itu wisata arung jeram di Kota Pelajar tersebut menyajikan suasana yang asri serta mampi memicu adrenalin.

Tak perlu ragu jika Anda ingin wisata arung jeram di Yogyakarta karena selain terjangkau, faktor keamanannya juga tak perlu diragukan lagi karena diawasi oleh profesional.

Wisata Arung Jeram di Jogja dan Sekitarnya

Wisata arung jeram yang tersebar di Jogja mudah dijangkau. Selain itu pilihan yang tersedia juga beragam karena lokasinya ada di berbagai kabupaten mulai dari Bantul, Sleman, Kulon Progo, hingga Gunungkidul. Berikut ini beberapa wisata arung jeram yang bisa dikunjungi.

  1. Arung Jeram Sungai Elo di Muntilan

Sungai Elo adalah sungai yang terletak di Muntilan-Magelang, Jawa Tengah. Lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota Yogyakarta dan Candi Borobudur. Arung jeram di sungai ini cukup mengasyikkan karena tingkat deras arus termasuk medium sehingga cocok untuk pemula.

Wisawatan juga bisa arung jeram di Sungai Elo di segala musim termasuk musim kemarau. Namun disarankan untuk tidak melakukan arung jeram saat musim hujan deras agar keselamatan tetap terjaga.

  1. Arung Jeram Sungai Oyo di Gunungkidul

Sungai Oyo adalah aliran sungai yang ada di Gunungkidul, Yogyakarta. Aliran sungai Sungai Oyo cukup deras, dikelilingi bebukitan yang asri dan pemandangan indah. Anda bisa berkunjung ke sungai ini sepaket dengan kunjungan ke Goa Pindul karena lokasi keduanya berdekatan.

Salah satu kegiatan yang banyak dilakukan di sungai ini adalah arung jeram. Anda bisa memilih menggunakan kapal karet atau body rafting menggunakan karet ban.

  1. Arung Jeram Sungai Sedayu di Bantul

Lokasi arung jeram di sungai Sedayu bisa jadi pilihan untuk Anda yang ingin bermain air. Lokasinya tak jauh dari pusat kota yakni di Surobayan, Sedayu, Bantul, Yogyakarta. Ada dua jalur sungai yang bisa dipilih dengan jarak 900 meter dan 1,2 km.

Di tempat ini Anda juga bisa memilih river tubing. Biasanya paket yang ditawarkan sekaligus pemandu ramah dan provesional. Pengunjung akan mendapat fasilitas berupa peminjaman helm, sepatu karet, toilet, warung makan, musholla, hingga penitipan barang.

  1. Arung Jeram Sungai Progo Atas di Kulon Progo

Sungai Progo jadi salah satu sungai terbesar di Yogyakarta. Sungai ini dimanfaatkan untuk beragam keperluan termasuk wisata. Jika ingin arung jeram di Sungai Progo, Anda bisa memilih Sungai Progo atas dan Sungai Progo bawah. Masing-masing menyajikan pemandangan yang sama-sama indah.

Namun jika peserta rafting masih pemula disarankan memilih Sungai Progo atas karena tidak terlalu panjang dan tidak terlalu deras sehingga sangat cocok untuk pemula maupun anak-anak

  1. Arung Jeram Sungai Progo Bawah di Kulon Progo

Ada banyak spot wisata arung jeram di Sungai Progo bawah salah satunya ada di Jembatan Klangon, Kalibawang.

Karakter aliran sungai di spot ini dinamis, dengan debit air yang cukup deras sehingga disarankan hanya untuk kalangan profesional dan orang dewasa.

Durasi arung jeram di Sungai Progo bawah cukup lama yakni sekitar 3.5 jam dengan panjang kurang lebih 20 km.

Untuk biaya wisata arung jeram di Jogja dan sekitarnya cukup bervariasi. Dikutip dari situs jogjaprov, biaya yang dibutuhkan mulai dari Rp500.000 hingga Rp1.600.000. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.