Sering Dikira Gulma, 7 Rumput  Liar Ini Rupanya Punya Manfaat Besar bagi Pemilik Tanaman
Ilustrasi (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Meskipun banyak orang suka mencabut rumput liar demi menjaga taman tetap aman dan bersih, rupanya tak banyak yang tahu kalau rumput liar ternyata juga bisa bermanfaat.

Rumput liar atau gulma ini adalah pionir suksesnya ekologi dalam tanaman dan berikut adalah beberapa gulma bermanfaat di taman yang harus Anda tanam dan pelihara dilansir dari Balcony Garden Web, Kamis, 23 November.

Tanaman Krokot

Tanaman sukulen ini diketahui tumbuh cukup tinggi untuk ukuran gulma, seringkali mencapai ketinggian 30-40 sentimeter. Daunnya diketahui mengandung berbagai macam nutrisi, antioksidan, dan bahkan vitamin.

Daun Chickweed

Tanaman kecil ini menarik perhatian karena penampilannya dan juga memiliki banyak kegunaan. Tunas tanaman yang lembut dapat dimakan dan cocok dijadikan sayuran salad. Chickweed juga digunakan sebagai obat tradisional untuk berbagai kondisi, termasuk asma, kelainan darah, konjungtivitis, dan obesitas. Chickweed juga membantu menarik hewan penyerbuk di taman.

Chicory

Tidak hanya memiliki bunga berwarna biru periwinkle yang menarik, tanaman ini juga memiliki beragam kegunaan dalam dunia kuliner dan pengobatan. Infus akarnya memiliki rasa seperti kopi tanpa kandungan kafein. Tanaman ini juga berfungsi sebagai tanaman pakan yang bergizi bagi ternak.

Curly Dock

Dikenal tersebar di benua Eropa dan Asia, gulma berdaun ini dipuji sebagai tanaman penyembuh terbaik. Ekstraknya sangat efektif melawan sembelit, demam, penyakit kandung empedu, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Akarnya juga digunakan dalam pengobatan homeopati.

Plantain

Plantain merupakan tanaman gulma dengan daun panjang yang melebar di bagian tengah dan menipis di bagian ujung. Rumput liar satu ini memiliki nama yang sama dengan nama jenis Pisang asal Karibia. Ekstrak plantain sangat membantu dalam pengobatan luka bakar, sengatan, dan luka terbuka.

Field Pennycress

Gulma ini tidak bisa dikonsumsi manusia, tetapi dapat digunakan di bidang lain. Tanaman field pennycress berfungsi menyatukan tanah dengan kuat, mencegah erosi, pencucian mineral, atau bahkan menyerang gulma lain pada tanaman.

Mugwort

Jika Anda menemukan mugwort di halaman, maka Anda akan kesulitan menghilangkannya, sebab tanaman ini memiliki susunan rimpang yang rumit. Ternyata hal ini merupakan berkah tersembunyi karena mugwort ramah terhadap lingkungan dan mampu menjaga keutuhan struktur tanah di sekitarnya. Ekstraknya juga dapat digunakan dalam membantu mengatasi masalah pencernaan.