Tips Orang Tua Membantu Anak Mengatasi Rasa Takut Akan Perubahan
Ilustrasi (Cottonbro/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Ketakutan adalah bagian normal dari pertumbuhan. Faktanya, tidak jarang anak-anak dan remaja mengalami berbagai macam ketakutan. Mulai dari takut air hingga yakin ada sesuatu di bawah tempat tidur, pasti ada banyak hal yang mungkin ditakuti anak. Bahkan ketakutan akan perubahan dapat mengganggu anak. 

Anak-anak merasa aman ketika dunia mereka dapat diprediksi. Namun, segala sesuatu dalam hidup selalu berubah dan tidak dapat diprediksi. Dan meski perubahan adalah hal yang normal dalam kehidupan, menghadapi ketidakpastian yang menyertainya bisa jadi sulit.

Oleh karena itu, orang tua perlu berinteraksi secara aktif dengan anak ketika mereka merasa takut akan perubahan. Anggaplah ini sebagai peluang bagi Anda mendapatkan kepercayaan anak. Jika Anda mendukung anak menghadapi situasi ini, kemungkinan besar mereka akan kembali kepada Anda untuk meminta bantuan ketika masalah lain muncul.

Validasi perasaan anak

Saat anak dilanda rasa khawatir, Anda sebagai orang tua alangkah baiknya tetap tenang. Pastikan anak tahu bahwa Anda memahami perasaan mereka dan bahwa Anda mendukung mereka. Tahan keinginan meremehkan perasaan mereka atau mengatakan hal-hal seperti "Ini bukan masalah besar".

“Tanggapi anak dan apa yang mereka katakan dengan serius. Berusahalah memahami dan mendengarkan sebanyak mungkin” kata Teresa Smith, MA, seorang konselor, pelatih kehidupan, dan mantan guru sekolah dasar di Ohio tengah, dilansir Very Well Family, Jumat, 17 November.

Buat rencana

Ketika anak takut akan perubahan, ajari mereka fokus pada hal-hal baik yang bisa terjadi, bukan pada hal-hal buruk yang mungkin terjadi. Dorong mereka menulis dan benar-benar memikirkan semua hal baik yang didapat dari perubahan tersebut. Melakukan hal ini akan mengajarkan mereka berfokus pada hal-hal positif dan menerima perubahan, bukannya takut akan perubahan tersebut.

“Dorong mereka selama masa perubahan dan libatkan mereka dalam membuat rencana tentang bagaimana mereka ingin menghadapi perubahan tersebut,” kata Smith.

Selalu ada untuk anak

Ingat, sentuhan penghubung itu penting, kata Smith. Pegang mereka. Rangkullah mereka. Sentuh tangan mereka. Biarkan mereka tahu bahwa Anda percaya pada mereka, ada untuk mereka, dan akan selalu menjadi penggemar terbesar mereka, tambahnya.

Penting bagi orang tua mengingat bahwa anak-anak memperhatikan reaksi orang tua. Bersikaplah suportif dan berikan cinta serta perhatian. Anda juga dapat berbicara dengan mereka tentang ketakutan mereka dan menawarkan mekanisme penanggulangan seperti latihan pernapasan, kewaspadaan, dan pembicaraan positif pada diri sendiri. Ingatkan mereka bahwa Anda ada untuk membantu.

Mengajari anak menerima perubahan berarti membantu mereka mengadopsi pandangan baru terhadap perubahan dan mendekatinya dengan percaya diri dan berani. Anak yang dapat tumbuh menjadi dewasa dengan menerima bahwa perubahan adalah bagian normal dari kehidupan, yang menyambut baik perubahan, berada di jalan menuju kehidupan yang bahagia.

Jika, karena alasan tertentu, anak mengalami kesulitan menghadapi perubahan, meskipun Anda sudah berupaya sebaik mungkin, pastikan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan. Mereka dapat mengevaluasi anak dan menawarkan rujukan jika diperlukan.