Apakah <i>Self-Talk</i> itu Penting? Simak Pengertian dan Manfaatnya untuk Kehidupan Sehari-hari
Ilustrasi self-talk (Foto: Pixabay/Geralt)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Self-talk merupakan berdialog dengan diri sendiri. Tujuan self-talk adalah memberikan afirmaasi positif untuk diri sendiri dengan melakukan monolog menggunakan kalimaa-kalimat yang positif. Lantas, apakah self-talk itu penting?

Self-talk yang positif sangat penting untuk dilakukan karena bisa memberikan dampak besar pada perasaan dan tindakan seseorang. Untuk lebih jelasnya, simak rangkuman informasi tentang self-talk dalam artikel berikut ini.

Pengertian Self-Talk

Dikutip dari Health Direct, Minggu, 12 November 2023, self-talk adalah berbicaraa kepada diri sendiri atau upaya yang dilakukan seseorang untuk mendengarkan suara hatinya.

Sebagian orang mungkin tidak sadar bahwa dirinya sedang melakukan self-talk. Pasalnya, upaya memberikan afirmasi positif kepada diri sendiri ini dilakukan dengan menggabungkan pikiran sadar dengan keyakinan untuk menciptakan monolog internal sepanjang hari.

Melalui positive self-talk, seseorang dapat terus berpikir positif, selalu bersikap optimis, dan berusaha melihat sisi positif dari segala hal.

Self-talk yang positif dapat dilakukan dalam berbagai bentuk. Misalnya dengan mengucapkan kalimat “semua akan baik-baik saja.”

Apakah Self-Talk itu Penting?

Telah disinggung di atas bahwa self-talk itu sangat penting, karena bisa memberika dampak besar pada perasaan dan tindakan seseorang.

Berikut sederet manfaat self-talk untuk kesehatan mental:

  • Mencegah stres dan depresi: Melakukan self-talk yang positif setiap hari dapat mencegah depresi, kecemasan, kelelahan mental, serta gangguan kepribadian. Dengan positive self-talk, seseorang bisa mengembangkan pemikiran optimis ketika menghadapi situasi yang menantang dan berpotensi menimbulkan stres. Self-talk yang positif juga dapat mengubah cara pendang menjadi lebih positif ketika menghadapi situasi yang berat.
  • Menumbuhkan rasa percaya diri: Seseorang yang sering melakukan positive self-talk, rasa percaya dirinya akan meningkat. Kepercayaan diri yang diperoleh melalui positive self-talk bisa mengurangi perasaan insecure serta menyingkirkan keinginan untuk melukai diri sendiri.
  • Meningkatkan motivasi: Self-talk merupakan upaya mendengarkan suara hati. Self-talk bisa menjadi perantara ketika seseorang ingin mengintropeksi diri dan mengenali aspek positif dan negatif dalam diri.
  • Mengambil sisi positif dari suatu peristiwa: Self-talk dilakukan agar seseorang bisa mengambil hikmah dari segala peristiwa yang terjadi. Misalnya, ketikaa mengalami kejadiaan buruk, self-talk dapat membantu seseorang melihat peristiwa tersebut dari sudut pandang yang positif serta menjadikannya sebagai pengalaman yang berharga.
  • Menjadikan hidup lebih bahagia: Sering melakukan self—talk dapat meningkatkan kualitas hidup. Sehingga membuat seseorang lebih percaya diri dan menghargai diri sendiri. Kebiasaan positif ini juga dapat membantu meningkatkan kedamaian hati dalam berbagai situasi.

Demikian informasi tentang apakah self-talk itu penting. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.