Agar Pakaian Putih Tetap Bersih Seperti Baru, Begini 9 Tips Mencuci yang Benar
Ilustrasi (Marcelo Chalenges/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Ada beberapa cara praktis yang dapat dilakukan agar pakaian putih terlihat cerah dan bersih. Dan, jika warnanya agak kusam, abu-abu, atau menguning, Anda dapat mengembalikan kecerahannya dengan beberapa teknik mencuci yang sederhana. 

Karena rentan terhadap perubahan warna, pakaian putih harus dicuci setiap habis dipakai dan tidak boleh dicampur dengan pakaian berwarna lebih gelap. Pemutih klorin dapat membantu menjaga pakaian tetap bersih, tapi itu bukan satu-satunya cara yang bisa dilakukan. Ada beberapa teknik lain yang bisa dicoba.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Kamis, 9 November, berikut ini cara mencuci pakaian putih agar tetap bersih seperti baru.

Jika ada noda, segera bersihkan

Membersihkan noda sesegera mungkin merupakan bagian penting menjaga pakaian Anda tetap putih. Oleskan perawatan noda dan cuci pakaian putih Anda segera. Jika belum memungkinkan, oleskan noda tumpahan atau percikan dengan air atau bilas dengan air dingin mengalir. Anda juga bisa gunakan handsanitizer karena konsentrasi alkoholnya cukup tinggi.

Pisahkan pakaian putih

Langkah pertama untuk menjaga pakaian putih tetap putih adalah dengan menyortir cucian kotor secara hati-hati. Mencuci pakaian putih secara terpisah akan mencegah kelunturan warna yang membuat pakaian putih menjadi kusam.

Jangan menggunakan produk pembersih berlebihan

Wajar jika Anda berpikir lebih banyak deterjen maka pakaian akan lebih bersih. Namun yang terjadi justru sebaliknya. Menggunakan terlalu banyak deterjen, cairan pelembut pakaian, atau produk lain seperti butiran pewangi bahkan cairan pemutih dapat menyebabkan penumpukan produk yang membuat pakaian putih tampak suram.

Gunakan siklus pembilasan ekstra

Gunakan siklus bilas ekstra saat mencuci pakaian putih jika program ini tersedia di mesin cuci Anda. Pembilasan ekstra akan membantu menghilangkan busa yang tersisa akibat penggunaan deterjen berlebihan. Serta membersihkan sisa produk cucian lainnya, seperti pelembut kain atau perawatan noda, yang dapat membuat tampilan kusam jika tertinggal di serat pakaian.

Cuci dengan air hangat

Gunakan air panas atau air hangat untuk membantu menghilangkan minyak dan kotoran. Cuci dengan pengaturan normal hingga heavy-duty, tergantung pada tingkat keparahan noda atau perubahan warna.

Bilas dengan cuka

Selanjutnya, untuk menghilangkan residu pada pakaian putih. Sebagai gantinya, tambahkan 1 cangkir cuka putih sulingan ke siklus bilas untuk memastikan semua deterjen terlepas dari kain.

Cuci pakaian putih lebih sering

Mencuci pakaian berwarna putih lebih sering dibandingkan pakaian berwarna gelap atau cerah dapat membantu menjaga pakaian tetap cerah seperti baru. Noda dari kulit dan sebum, serta partikel debu dan kotoran halus, dapat menempel seiring berjalannya waktu. Mencuci pakaian seperti jeans putih atau hoodies putih lebih sering akan membuat pakaian tetap terlihat bersih.

Keringkan di bawah sinar matahari

Keringkan pakaian putih dengan sinar matahari karena dapat membuat perbedaan besar dalam kecerahannya. Sinar ultraviolet dari matahari akan membantu menyegarkan dan memutihkan. Keringkan pakaian dengan pengering pada pengaturan panas yang lebih rendah. Keluarkan pakaian dari pengering saat agak lembab, dan keringkan di rak pengering. Berhati-hatilah agar tidak terlalu kering, karena panas yang berlebihan dapat menyebabkan noda dan pakaian menguning.

Hindari menyimpan baju dalam plastik

Dalam hal menyimpan pakaian putih, baik jangka pendek maupun panjang, ada beberapa aturan yang harus diikuti untuk memastikan pakaian tidak menguning saat disimpan. Pertama adalah hindari menyimpan baju putih dalam plastik, karena dapat menghambat aliran udara sehingga menyebabkan warna kuning. Daripada menggunakan dry-cleaner bag, tas pakaian plastik, atau tempat penyimpanan plastik, pilihlah tas penyimpanan yang terbuat dari linen atau katun.