Pola Makan Sehat untuk Lansia, Terapkan agar Tetap Bugar dan Tidak Rentan Sakit
Pola makan sehat untuk lansia (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Orang yang lanjut usia atau lansia perlu memperhatikan asupan makanannya, mengingat kondisi tubuhnya yang sudah semakin menua. Kebutuhan nutrisi bagi lansia mungkin berbeda dengan orang-orang usia produktif karena gaya hidup berubah dan metabolisme tubuh semakin melambat. Lantas seperti apa pola makan sehat untuk lansia?

Meski sudah menginjak usia tua, lansia tetap bisa menjaga kesehatannya asalkan memiliki pola makan yang baik dan tepat. Asupan nutrisi dan gizi tetap harus dipenuhi karena berperan penting untuk mendukung fungsi tubuh lansia. Bagi yang sudah memasuki masa tua atau Anda yang merawat kakek dan nenek maka perlu tahu pola makan sehat untuk lansia. 

Menerapkan Pola Makan Sehat untuk Lansia

Orang-orang yang beranjak usia tua biasanya mengalami perubahan gaya hidup, termasuk kebiasaan makan. Penurunan nafsu makan biasanya dialami oleh para lansia disebabkan beberapa faktor, seperti riwayat penyakit, kondisi mental, hingga kesulitan mengunyah dan menelan. 

Meski turunnya nafsu makan lansia tidak bisa dihindari, namun asupan nutrisi tetap harus dipenuhi dengan baik setiap harinya. Berikut ini pola makan sehat untuk lansia yang perlu Anda terapkan:

Memilih Makanan Bernutrisi

Makanan yang dikonsumsi lansia haruslah yang kaya nutrisi. Makanan bernutrisi berperan untuk menjaga berat badan, mendukung proses metabolisme tubuh, dan menguatkan otot tubuh. Sejumlah makanan yang bisa dipilih terdiri dari karbohidrat, protein, serta, dan vitamin serta mineral. 

Jadwal Makan secara Teratur

Langkah lainnya yang bisa dilakukan sebagai pola makan sehat untuk lansia adalah mengatur jadwal makan. Jadwal makan bagi lansia bisa diatur dengan mengonsumsi makanan tiga kali sehari diselingi camilan. Cara ini akan memudahkan proses makan sekaligus memastikan terpenuhinya asupan nutrisi. Jadwal makan yang sudah disusun ini harus diikuti secara konsisten atau disiplin agar memberikan hasil yang maksimal. 

Mengonsumsi Makanan yang Mudah Menelan

Masalah makan yang sering dialami oleh para lansia adalah kesulitan menelan dan kemampuan gigi atau gusi yang sudah menurun. Kondisi inilah yang juga menyebabkan lansia malas makan. Cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan memilih makan bertekstur lembut sehingga mudah ditelan oleh lansia. Selain itu, Anda bisa membuat makanan yang dicincang atau dipotong kecil-kecil. 

Membatasi Gula dan Garam

Lansia juga disarankan untuk membatasi konsumsi makanan tinggi garam. Sebab kandungan garam yang berlebihan akan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Selain itu, lansia juga harus mengurangi makanan yang mengandung gula tinggi. Asupan gula yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah dan risiko diabetes. Oleh karena itu, lansia harus membatasi konsumsi makanan maupun minuman yang memiliki kandungan gula tinggi. 

Mengurangi Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh dan Lemak Trans

Para lansia juga dianjurkan untuk membatasi asupan makanan yang mengandung lemak jenuh maupun lemak trans. Jenis makanan yang perlu dihindari yakni seperti gorengan, keripik, cokelat, kue kering, dan lainnya.

Mencukupi Asupan Air

Orang-orang lanjut usia juga wajib menjaga kecukupan air atau cairan dalam tubuh. Kondisi panas dan kinerja tubuh yang menurun seringkali menyebabkan lansia cepat haus dan kekurangan cairan. Asupan cairan berperan penting dalam menjaga fungsi vital tubuh, kelancaran pencernaan, serta volume darah. 

Demikianlah ulasan mengenai pola makan sehat untuk lansia yang perlu diterapkan. Para lansia harus mengonsumsi menu makanan kaya nutrisi setiap harinya agar kesehatan tetap terjaga dan berfungsi dengan baik. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.