5 Mainan untuk Mengalihkan Anak dari Gadget, Bermanfaat Penting bagi Tumbuh Kembang Si Kecil
Mainan untuk mengalihkan anak dari gadget (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Anak kecanduan gadget menjadi masalah yang kerap dialami oleh banyak orang tua. Sebagian orang tua pun kesulitan melepaskan atau menjauhkan anak dari gadget. Salah satu cara yang bisa dilakukan orang tua adalah menggunakan mainan untuk mengalihkan anak dari gadget. 

Ketika anak sudah ketagihan bermain gadget, perhatiannya akan terfokus menatap gawai dan tidak mau diganggu. Padahal bermain gadget secara terus-terusan dapat menimbulkan dampak buruk pada tumbuh kembang anak, baik kondisi mental dan kemampuan motorik serta sensoriknya. 

Oleh karena itu, orang tua harus membatasi atau mengatasi anak yang kencaduan bermain gadget. Ada beberapa mainan yang bisa dipilih orang tua untuk mengalihkan perhatian anak dari gadget.

Mainan untuk Mengalihkan Anak dari Gadget

Orang tua harus memperhatikan setiap aktivitas yang dilakukan bayi atau anaknya. Sebab pada fase tersebut perkembangan atau pertumbuhan anak sedang optimal, sehingga harus diberikan stimulus yang baik. Oleh karena itu, jika anak sudah kecanduan gadget maka orang tua harus segera mengatasinya. 

Berikut ini beberapa mainan untuk mengalihkan anak dari gadget, dan dapat membantu perkembangan motorik dan sensorik anak:

Puzzle

Orang tua bisa membelikan puzzle untuk anak sebagai media bermain agar anak tidak kecanduan gadget. Permainan jigsaw puzzle dapat memicu rasa penasaran dan memiliki gambar menarik sehingga bisa mengalihkan perhatian anak dari gadget. 

Anda bisa mengajak anak menyusun potongan-potongan puzzle hingga membentuk gambar. Permainan ini tidak hanya menumbuhkan rasa penasaran anak, namun juga bermanfaat untuk mengasah kemampuan berpikir kritis, meningkatkan konsentrasi dan fokus, serta melatih kegigihan anak dalam menyelesaikan tantangan.  

Lego

Rekomendasi mainan lainnya yang untuk mengalihkan perhatian anak dari gadget adalah lego. Mainan ini cukup digemari oleh anak-anak sehingga dijamin dapat menarik perhatian si kecil. Anda dapat mengajak anak menyusun balok-balok lego untuk membentuk robot, bangunan, hingga mobil. 

Mainan lego juga memberikan banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak. Permainan ini dapat meningkatkan rasa ingin tahu anak dan mengasah kemampuan motorik halusnya. Selain itu, ketika anak menyusun lego maka imajinasinya yang juga akan berkembang. 

Board Games

Mainan board games juga dapat Anda pilih untuk mengatasi anak yang kecanduan main gadget. Ada banyak model board games yang bisa dipilih oleh orang tua, mulai dari ular tangga, ludo, monopoli, dan lainnya. Menariknya lagi, mainan ini bersifat multiplayer sehingga anak dapat memainkannya bersama keluarga atau teman-temannya. 

Ada banyak pelajaran yang akan didapatkan anak saat bermain board games. Mainan ini membantu melatih kemampuan interaksi anak bersama keluarga, teman, maupun orang baru. Selain itu, permainan ini juga meningkatkan keterampilan anak dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan. 

Activity Book

Activity book juga bisa diberikan orang tua agar anaknya tidak melulu main gadget. Orang tua bisa mengajak anak melihat dan membaca activity book bersama agar lebih seru. Ada banyak model activity book yang bisa dipilih orang tua, dengan isi beragam tema seperti sains, seni, transportasi, sejarah, dan lainnya. 

Saat membaca activity book, anak akan mendapat banyak pengetahuan sehingga wawasannya bertambah. Selain itu, membaca cerita bersama anak juga bermanfaat mengembangkan imajinasi si kecil. Memberikan activity book juga menjadi langkah untuk membangun kebiasaan membaca pada anak. 

Kuas Lukis 

Pilihan mainan lainnya yang efektif mencegah anak kecanduan gadget adalah alat lukis. Anda bisa memberikan kertas gambar, kuas, dan cat atau pewarna kepada anak. Ajak si kecil untuk menggambar atau melukis, meski hanya sekadar corat-coret. Biasanya anak-anak suka dengan aktivitas menggambar atau corat-coret. 

Memainkan kuas atau melukis dapat membantu menumbuhkan kreativitas anak. Para pakar psikologi menyarankan kepada para orang tua untuk mengenalkan anak pada aktivitas seni. Kegiatan ini membantu anak mengekspresikan diri dan melatih keterampilan kinestetik. 

Demikianlah beberapa mainan untuk mengalihkan anak dari gadget agar tidak kecanduan bermain gawai. Para orang tua bisa dengan mudah menemukan mainan-mainan tersebut di toko maupun e-commerce. Selain untuk menarik perhatian anak, sejumlah mainan di atas juga bermanfaat baik bagi tumbuh kembang anak. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.